gejala dan akibat dari penyakit nagana

Nagana lebih dikenal dengan nama penyakit tidur. Hal ini disebabkan oleh protozoa dari genus Trypanosoma yang disebarkan lalat tsetse. Penyakit ini lebih terkenal di daerah Afrika, maka dari itu pemberian nama latin untuk penyakit inipun African trypanosomiasis. Sekitar 50.000 hingga 70.000 orang Afrika terdeteksi penyakit nagana setiap tahunnya. Tentunya mereka akan mengalami gejala penyakit nagana terlebih dahulu sebelum mengenalinya.

Nagana sendiri tidak hanya ditularkan melalui lalat tsetse saja tetapi juga dari ibu ke anak. Alasan inilah yang makin memperbanyak jumlah penderita nagana dari hari ke hari. Umumnya para penderita akan mengalami perubahan siklus tidur. Mereka akan kesulitan tidur pada malam hari dan biasanya tertidur di sepanjang siang hari. Ketidakacuhan seorang penderita akan mengakibatkan hal yang lebih buruk terjadi lagi. Bukan tidak mungkin berujung pada kematian kepada para penderitanya.

Para penderita akan mengalami gejala umum dari penyakit nagana, yaitu:

  • Sakit kepala yang begitu kuat
  • Demam tinggi
  • Sakit pada daerah persendian
  • Pembengkakan pada kelenjar limfa
  • Kekurangan darah atau anemia
  • Kerusakan pada fungsi ginjal
  • Mudah merasakan letih
  • Kesulitan untuk melakukan aktivitas
  • Tidak memiliki nafsu makan hingga mengakibatkan badan kurus.

Perubahan siklus tidur ini yang menyebabkan berbagai keadaan semakin memburuk. Kebanyakan kasus ditemukan pada penderita yang telah mengalami koma ataupun kerusakan ginjal permanen. Dalam tahap seperti ini, dokter akan kesulitan untuk melakukan pengobatan dan penanganan yang tepat. Transfusi darah juga bisa menjadi penyebab penyakit ini menular. Untuk itulah mengapa pendonoran darah hanya dilakukan pada orang yang benar-benar sehat. Perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan donor darah.

Selain koma dan kematian, nagana juga menyebabkan kerusakan pada sistem saraf. Ketidakmampuan saraf untuk merangsang segala impuls dan respon yang diberikan tentunya menjadi hal yang lumrah untuk para penderita akut. Ada baiknya memang mewaspadai segala gejala penyakit nagana yang menyerang sebelum Anda terlambat untuk mendapati penanganan. Tentunya bukan hanya di Afrika saja penyakit ini bisa menyerang, tapi di sekitar kita juga bisa terjadi hal semacam ini.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit radang tenggorokan pada anak kecil zaman sekarang
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *