Gejala dan ciri penyakit sipilis pada pria

Sipilis atau lebih sering dikenal oleh sebagian masyarakat awam dengan sebutan “Raja Singa” merupakan nama dari sebuah penyakit yang biasanya menyerang daerah kelamin dari seseorang baik pria maupun wanita. Gejala penyakit sipilis pada pria biasanya cenderung lebih bisa dideteksi atau penyakit ini lebih sering menyerang kaum pria dewasa dibandingkan wanita. Pemicu dari penyakit ini ialah adanya luka yang terbuka pada area kelamin dan tidak kunjung sembuh karena suatu sebab.

Penyakit sipilis selalu diidentikan dengan efek dari berhubungan intim yang tidak normal atau penyakit lain seperti HIV AIDS. Mengapa demikian? Karena pada kedua penyakit ini memang sama-sama memiliki gejala dan sebab yang hampir mirip. Penularannya pun hampir serupa, yaitu jika melakukan hubungan intim dengan penderita atau terkena air liur dari penderita. Luka yang biasanya menjadi penyebab penyakit sipilis kadang terlihat kadang pula tidak. Sangat dibutuhkan pemeriksaan yang mendalam agar dapat mengetahui apakah seseorang itu terkena sipilis atau tidak.

Penyakit pada area kelamin ini memiliki setidaknya tiga stadium atau level keparahan. Stadium pertama yaitu stadium primer. Pada level ini gejala ditunjukan dengan adanya satu atau lebih luka berbentuk bundar namun tidak menimbulkan nyeri. Jika luka ini dibiarkan, maka dalam waktu 10 sampai 90 hariluka tersebut akan mengalami infeksi. Jika dilakukan perawatan yang tepat, luka bisa sembuh dengan sendirinya 6 minggu berikutnya. Tapi, apabila luka tidak dihiraukan maka kemungkinan besar akan beranjak menuju stadium sipilis berikutnya.

Stadium kedua dalam penyakit sipilis disebut dengan stadium sekunder. Pada tingkatan ini muncul gejala baru yaituadanya ruam pada telapak tangan dan juga telapak kaki namun tidak terasa gatal. Ruam ini muncul ketika luka sudah mulai sembuh. Selain muncul ruam-ruam kasar dan merah tersebut, gejala lain yang muncul ialah demam, radang tenggorokan, pegal, berat badan berangsur turun dan mudah lelah. Gejala-gejala tersebut dapat hilang seiring waktu, namun jika penanganannya kurang baik maka akan berkembang menjadi stadium laten.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala dan akibat dari penyakit nagana

Gejala penyakit sipilis pada priadi stadium laten biasanya adalah buta bertahap, sulit mengkoordinasi otot, serta dementia. Dalam tahap ini, gejala bisa terjadi setelah gejala di dua stadium sebelumnya hilang dan biasanya akan bertahan selama bertahun-tahun lamanya karena sistem jaringan organ dalam mulai terserang oleh penyakit tersebut.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *