Gejala dan pencegahan penyakit virus HIV

Banyak sekali penyakit di dunia ini yang dapat dengan mudah menyerang siapa saja yang tidak hidup dengan sehat dan teratur. Pada umumnya penyakit tersebut menyerang mereka yang tidak mempunyai sistem kekebalan yang baik. Tetapi ada beberapa penyakit yang mempunyai proses penyebaran yang tidak begitu mudah. Penyebaran yang dimaksud adalah melalui proses transfusi darah atau proses bersenggama. Salah satu penyakit tersebut adalah penyakit virus HIV. Gejala penyakit virus HIV sangatlah banyak. Dan sekarang ini penyebarannya sudah sangat luas. Semakin hari, penyebarannya semakin memprihatinkan. Sampai pada pertengahan tahun 2013 sudah banyak sekali kasus yang tercatat sebagai penyakit HIV di Indonesia. Sementara itu untuk negara yang paling banyak menangani kasus HIV adalah Afrika Selatan.

 

Sampai saat ini penyakit Human Immunideficiency Virus belum ditemukan vaksinnya. Penyakit ini memiliki penyamaran yang sangat baik untuk dideteksi secara dini. Secara umum, ssangat sulit memdeteksi penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini. Dan ketika diagnosa tersebut dilakukan secara terlambat, maka akibatnya akan berujung pada kematian. Cara penyebarannya sebenarnya cukup rumit, tetapi kalau kita tidak teliti bisa sangat fatal akibatnya. Penyebarannya melalui cairan vagina, sperma, dan transfusi darah. Setelah penyakit ini hinggap pada tubuh seseorang, waktu yang diperlukan untuk langsung menundukkan tubuh tersebut hanya sekitar dua bulan. Penundukkan yang begitu cepat dikarenakan virus HIV ini langsung menyerang sistem kekebalan tubuh, jadi ketika virus ini masuk, maka dengan mudah penyakit – penyakit lain akan masuk ke dalam tubuh dengan mudah.

 

Gejala penyakit virus HIV ini sangatlah tidak spesifik. Gejala yang ditimbulkan sangatlah umum dan hal tersebut yang sering mengakibatkan proses penangannya menjadi terlambat. Gejala yang ditimbulkan secara umum adalah sebagai berikut. Demam sebagai reaksi tubuh dari penyakit HIV ini sering menjadi gejala yang paling umum. Demam tersebut disertai dengan kelelahan yang begitu ekstrim, sakit tenggorokan atau pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala nyeri otot dan ruam kulit berupa bercak merah pada kulit juga muncul seiring munculnya gejala HIV. Gejala yang lainnya dapat berupa, menurun drastisnya bereat badan, perubahan pada kuku, dan munculnya herpes genital.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit jantung dan maag pada wanita
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *