gejala dan pengobatan penyakit paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ paling penting pada manusia. Tugasnya untuk menukar oksigen kemudian membuang zat berracun karbon dioksida merupakan fungsi yang sangat penting untuk kesehatan seseorang. Bagaimanapun juga setiap orang memerlukan oksigen untuk melanjutkan hidup. Dan penyakit yang menyerang organ ini terbukti sangat berbahaya bagi orang yang menderitanya. Paru-paru sendiri sangat rentan terhadap berbagai penyakit mematikan seperti kanker paru-baru, asma, bronchitis dan lain sebagainya. Meskipun gejala dari masing-masing penyakit ini mirip, Anda harus bisa membedakan gejala penyakit paru-paru yang satu dengan yang lainnya. Karena penyakit yang berbeda menuntut pengobatan yang berbeda pula, jadi sebaiknya Anda mengetahui gejala masing-masing penyakit.

Salah satu penyakit yang sering menyerang paru-paru adalah pneumonia. Penyakit yang dikenal sebagai radang paru-paru ini  dapat menyerang berbagai daerah paru-paru. Penyebab utama dari penyakit ini adalah infeksi bakteri. Selain itu, pneumonia juga dapat terpicu oleh penyakit saluran pernapasan lainnya, misalnya flu. Gejala pneumonia meliputi sesak nafas, nyeri dada, demam tinggi dan batuk dahak berdarah.

Penyakit lain yang sering menyerang paru-paru adalah tuberkulosis. Penyebab penyakit ini adalah bakteri. Penyakit ini dapat dengan mudah menyebar melalui percikan ludah penderita. Gejala tuberkulosis antara lain batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh. Batuk ini bisa bertahan selama 3 minggu. Terkadang batuk penderita penyakit ini juga disertai dengan darah. Gejala lainnya adalah demam dan nafsu makan yang menurun.

Penyakit berbahaya lain yang sering menyerang paru-paru adalah bronkitis. Penyakit yang satu ini tepatnya menyerang saluran dimana udara dibawa ke paru-paru yang disebut dengan bronkus. Penyebab dari bronkitis adalah karena infeksi, baik infeksi kuman, virus atau bakteri. Asap rokok atau polutan yang ada di udara juga dapat menjadi penyebab penyakit ini. ejala penyakit paru-paru yang satu ini adalah demam dan batuk berdahak. Jika bronkitis disebabkan oleh infeksi kuman, biasanya dahak akan berwarna kuning sementara bronkitis sudah kronik maka batuk juga akan disertai sesak nafas berkepanjangan yang bisa bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala awal penyakit ginjal dan pencegahannya
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *