gejala dan penjegahan penyakit usus turun

Umumnya penyakit usus turun atau yang lebih sering dikenal sebagai hernia menyerang kaum pria dewasa. Namun dalam beberapa kasus ada juga yang menyerang kaum wanita dan juga anak-anak. Penyakit ini seringkali muncul dikarenakan efek kerja berat yang terlalu berlebihan dan juga efek mengejan yang sering dan terlalu parah sehingga menyebabkan otot dinding penyekat yang tipis mengalami penekanan melebihi kapasitasnya. Akibatnya usus dapat menerobos melalui dinding yang didesak tadi dan akibatnya terjadi tonjolan yang mengganggu di daerah selangkangan atau mungkin daerah lainnya. Lalu apa saja gejala penyakit usus turun yang seringkali dirasakan?

 

Pada kasus hernia atau usus turun yang dapat direduksi atau dimasukkan kembali biasanya gejala akan ditandai dengan adanya tonjolan di daerah selangkangan atau daerah perut lainnya. Tonjolan tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri namun biasanya tidak akan terasa sakit ketika disentuh. Sebelum ditemukan benjolan tersebut tidak jarang pasien justru merasakan nyeri terlebih dahulu. Kemudian ketika tekanan di dalam perut meningkat maka tonjolan tersebut akan membesar. Dan dalam kasus turun usus yang demikian biasanya usus akan dapat dimasukkan kembali dengan mendorong tonjolan tersebut ke bagian atas tubuh. Kemudian biasanya hernia yang dapat direduksi ini dapat menjadi lebih parah pada kasus turun usus yang tidak dapat direduksi sehingga tonjolan usus tidak dapat dimasukkan kembali. Gejala ini ditandai dengan adanya mual dan muntah.

 

Dan gejala penyakit usus turun yang lebih parah disebut sebagai hernia strangulata dimana suplai darah pada jaringan yang menonjol tersebut dapat terputus sama sekali dan rasa nyeri semakin mengganggu yang dapat disertai dengan demam dan muntah. Dalam kasus seperti ini biasanya penderita membutuhkan bantuan operasi untuk mengembalikan usus yang telah turun tersebut. Sebagai cara pencegahan agar penyakit ini tidak gampang menyerang anda, sebaiknya anda jangan bekerja fisik yang terlalu berat seperti melakukan kerja angkat beban yang melebihi kapasitas anda. Dan jika anda mengalami kelebihan berat badan, segera turunkan berat badan anda sambil mengonsumsi banyak makanan berserat dan banyak minum untuk mencegah penyakit ini.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit vertigo dan pengobatannya
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *