gejala dan penyembuhan penyakit Osteoartritis

Penyakit Osteoartritis adalah gangguan kesehatan yang menyerang bagian sendi-sendi tulang yang telah mengapur.  Penyakit ini seringnya menjadi penyebab utama terjadinya cacat atau disabilitas khususnya pada lansia. Penderita OA umumnya akan mengalami keterbatasan gerak di usia lanjut. Penderita OA  akan mengalami kerusakan pada tulang rawan sendi yang berperan sebagai peredam kejut dan bantalan tulang. Selain itu, tulang rawan sendi juga berfungsi sebagai lapisan tulang. Tulang rawan sendi akan berfungsi untuk meredam apabila ada ruas tulang yang saling berbenturan. Tulang rawan sendi ini tidak dilengkapi dengan syaraf sehingga saat terjadi benturan antar ruas tulang, kita tidak akan merasa sakit atau nyeri. Adapun gejala penyakit Osteoartritis (OA) meliputi rasa nyeri pada sendi, sendi menjadi kaku, pembengkakan pada sendi, dan tubuh terasa lemah dan berpotensi menyebabkan cacat/ disabilitas.

Pada awalnya penderita akan merasakan nyeri pada sendi tulangnya. Rasa nyeri akan semakin bertambah jika tubuh terus menerus beraktivitas. Sebaliknya, rasa nyeri akan berkurang setelah tubuh diistirahatkan. Sayangnya hingga saat ini masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penderita OA. Kerusakan tulang rawan sendi hanya bisa diperlambat bukan disembuhkan. Dokter hanya bisa mengandalkan obat pereda nyeri sebagai satu-satunya cara untuk mengurangi rasa nyeri pada tulang. Kemudian dokter juga merekomendasikan para pasiennya untuk menggunakan alat bantu untuk mencegah resiko cacat.

Selain gejala penyakit Osteoartritis, Anda juga perlu mengetahui faktor-faktor penyebab timbulnya penyakit ini. Faktor penyebabnya antara lain  obesitas dan diabetes, bertambahnya usia, cidera persendian dan otot, pembentukan tulang rawan sendi yang kurang sempurna, adanya cacat genetik pada bagian tulang rawan sendi, olahraga atau aktivitas yang terlalu berat dan berlebihan, kurannya asupan kalsium, proses metabolism tubuh yang salah, terjadinya gangguan kolagen yang dapat menjadi pemicu rusaknya struktur pelindung tulang rawan sendi, dan penipisan tulang rawan sendi. Penderita Penyakit Osteoartritis akan meraskan nyeri yang semakin parah saat cuaca sedang terlalu dingin atau panas. Nah, agar Anda tercegah dari Penyi sakit Osteoartritis ini, sebaiknya sedari sekarang rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium.

Baca Juga Yang satu ini ...
penyebab dan gejala penyakit virus SARS
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *