Gejala Kanker Pankreas

 

Pankreas adalah organ di perut bagian atas yang berada dibawah lambung dan berdekatan dengan bagian pertama usus kecil, yang disebut duodenum. Pankreas terdiri atas dua bagian : Kelenjar eksokrin mengeluarkan enzim untuk pencernaan, dan kelenjar endokrin, yang menghasilkan hormone, termasuk insulin untuk mengatur gula dalam darah. Tumor dapat berkembang di salah satu atau kedua bagian pancreas. Namun, pada 95% kasus kelenjar eksokrin terpengaruh.

Waspadai gejalanya sebelum terlambat

Kanker pankreas telah disebut suatu penyakit “yang diam” karena kanker pankreas dini biasanya tidak menyebabkan gejala-gejala. Tumor di kepala pankreas bisa berhubungan dengan pembuangan pada empedu (cairan pencernaan yang dihasilkan oleh hati) ke dalam usus kecil. Oleh karena itu Jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan warna putih pada mata) disebabkan oleh penyumbatan pada aliran empedu biasanya adalah gejala awal. Jaundice tersebut disertai oleh rasa gatal diseluruh tubuh diakibatkan dari penyimpanan Kristal garam empedu di bawah kulit. Muntah bisa diakibatkan dari hal-hal ketika kanker dikepala pankreas menyumbat aliran pada isi perut kedalam usus kecil (penyumbatan pada saluran lambung) atau penyumbatan usus kecil itu sendiri.

Jika tumor menghalangi saluran empedu umum (common bileduct) dan empedu tidak dapat masuk kedalam sistem pencernaan, kulit dan putih-putih mata mungkin menjadi kuning, dan urine mungkin menjadi lebih gelap (jaundice)

Ketika kanker tumbuh dan menyebar, sakit sering kali berkembang pada perut bagian atas dan ada kalanya menyebar ke belakang (punggung). Sakit/nyeri mungkin memburuk setelah seseorang makan atau berbaring. Kanker pankreas juga menyebabkan mual, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, dan kelemahan.

Gejala Kanker Pankreas

Gejala Kanker Pankreas

Penemuan kanker pankreas sering tertunda karena gejalanya seperti penyakit lain. Masalah lain dari kanker pankreas adalah karena organ itu tersembunyi dan kanker biasanya tidak menimbulkan gejala apapun sampai tahap lanjut. Tanda yang paling jelas adalah penyakit kuning. Penyakit kuning ditandai dengan kulit yang berwarna kekuningan, urine gelap dan tinja pucat. Tanda lain dari kanker pankreas adalah nyeri perut yang menancar ke belakang, dan tidak hilang oleh obat analgesic konvensional.

Kelelahan tanpa sebab, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan adalah tanda-tanda umum kanker yang tidak spesifik pada kanker pankreas. Ganguan fungsional lain dari tumor pankreas adalah :

  • Muntah
  • Masalah usus
  • Intoleransi makanan
  • Diare kronis
  • Diabetes atau diabetes memburuk
  • Ketidak nyamanan dan hipoglikemia
  • Tukak lambung
  • Flebitis
  • Radang saluran empedu
  • Pankreatitis (radang pancreas) akut

Jenis langka kanker pankreas

Suatu tipe yang jarang dari kanker pankreas, disebut kanker sel pulau yang sangat kecil (islet cell cancer), mulai pada sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin dan hormon-hormon lain. Sel-sel islet juga disebut islets of langerhans. Kanker sel sel islet dapat menyebabkan pankreas menghasilkan terlalu banyak insulin atau hormone-hormon. Ketika ini terjadi, pasien mungkin merasakan lemah atau pusing/pening dan mungkin kedinginan (menggigil), kejang-kejang otot, atau diare. Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh kanker atau oleh persoalan-persoalan lain yang kurang serius. Jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Cystadenocarcinoma pada pankreas juga merupakan jenis yang langka pada kanker pankreas yang terbentuk dari tumor berisi cairan yang tidak bersifat kanker (benign) disebut cystadenoma. Hal itu sering kali menimbulkan rasa sakit perut sebelah atas dan bisa berkembang cukup besar untuk seorang dokter merasa hal itu melalui dinding perut. Diaknosis bisanya dibuat dengan ultrasonografi atau pemindai computed tomography (CT) pada pankreas. Hanya 20% pada kanker ini telah menyebar saat operasi dilakukan. Oleh karena itu, Cystadenocarcioma memiliki dugaan yang lebih baik dibandingkan adenocarcinoma. Jika kanker tidak menyebar dan seluruh pankreas diangkat dengan cara operasi, orang tersebut memiliki 65% kesempatan untuk bertahan hidup setidaknya 5 tahun.

Tumor intraductal papillary-mucinous adalah jenis tumor pankreas langka yang ditandai dengan pembesaran (dilation) pada saluran utama pankreas, memproduksi lender secara berlebihan, dan kadangkala sakit. Lebih dari 30% tumor ini bersifat kanker (malignant), tetapi karena tes diagnosis tidak dapat membedakan antara bentuk yang bersifat kanker dan bukan pada tumor ini, operasi adalah diaknosis terbaik dan pilihan pengobatan untuk setiap orang yang terdugamemiliki tumor intraductal papillary-mucinous.

Visit : www.Smartdetoxsynergy.com

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : Bukan daging yang bikin darah tinggi

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *