gejala penderita penyakit nefritis

Peka terhadap kesehatan tentu akan membuat Anda jauh lebih berkualitas dalam menjalani hidup. Tidak terkecuali halnya dengan kesehatan fungsi ginjal, meskipun organ dalam ini tidak terlihat tapi kesehatannya tetap harus dikedepankan. Tak ayal bila Anda akan terhindar dari peradangan ginjal atau nefritis. Kebanyakan orang memang sangat rendah tingkat kesadarannya sehingga menampik kemungkinan gejala penyakit nefritis yang menyerang. Umumnya mereka hanya menakutkan penyakit berbahaya seperti stroke maupun diabetes.

Padahal kedua jenis penyakit di atas bisa menimbulkan komplikasi lanjut yang menyebabkan nefritis muncul sebagai akumulasi keduanya. Hal ini disebabkan oleh kebocoran protein akibat diabetes maupun hipertensi menahun. Tahap akhir dari nefritis ini tentu saja gagal ginjal yang mewajibkan Anda untuk melakukan cangkok ginjal bila tetap ingin bertahan hidup. Adapun gejala dari penyakit ini adalah:

  • Hipertensi yang kerap kambuh
  • Rasa mual berlebihan
  • Urin yang keluar biasanya berjumlah sedikit
  • Warna urin pun sedikit kemerah-merahan
  • Kurang darah ataupun anemia melanda
  • Kelopak mata terlihat jauh lebih sembab

Anak laki-laki biasanya jauh lebih sering menderita nefritis ketimbang anak perempuan. Usia 3 hingga 7 tahun pun menjadi usia yang paling rentan untuk anak-anak tersebut. Membiasakan anak-anak untuk tidak menahan kencing saat rasa ingin buang air timbul sudah harus dilakukan. Karena hal tersebut hanya akan memicu terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal tentunya juga dapa terbentuk karena kadar kalsium dalam darah melonjak tanpa ada sebab sebelumnya.

Memeriksa urin yang keluar dari anak Anda bisa membantu mendiagnosis tingkat keparahan dari nefritis yang diderita. Umumnya kandungan dalam urin akan terbentuk protein dan disertai nanah. Bahkan sangat sering ditemukan sel darah merah yang ikut serta dalam proses pembuangan ini. Jika Anda tidak ingin terserang nefritis, ada baiknya memang menjaga kebersihan alat kemaluan. Pada wanita usahakan agar kotoran dari anus tidak sampai mengenai vagina. Sedangkan pada pria berusia 50 tahun ke atas, pemeriksaan prostat tahunan sudah wajib diagendakan. Tentunya untuk menghindari gejala penyakit nefritismuncul dan menyerang kesehatan fungsi ginjal.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala dan ciri penyakit sipilis pada pria
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *