gejala penyakit ngantuk terus menerus

Pernahkah ketika Anda harus mengikuti rapat penting di kantor, atau bertemu dengan klien di sebuah restoran, namun rasanya mata ini tidak mau terbuka sama sekali, dan seluruh badan rasanya lelah total? Sebagian besar orang menganggapnya hanya kantuk biasa, atau gejala flu, atau ‘hanya masuk angin’. Namun ketika hal ini sudah berjalan hingga 3 bulan lebih, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memeriksanya ke dokter, karena kemungkinan besar anda menderita gejala penyakit ngantuk.

Penyakit ini, atau yang sering disebut dengan hipersomnia, adalah bagian dari penyakit yang umumnya menyerang jaringan syaraf di otak. Gejala utamanya tentu saja adalah rasa mengantuk yang berlebihan, bahkan pada saat siang sekalipun, ketika sedang melakukan aktivitas di kantor, misalnya. Hipersomnia berbeda dengan narkolepsi, kalau penderita hipersomnia akan selalu merasa kantuk sepanjang hari, maka penderita narkolepsi bisa tiba-tiba terjatuh dan tidur, tidak peduli tempat dan waktunya.

 Rasa kantuk penderita hipersomnia yang sering diikuti dengan rasa lelah ini biasanya terjadi meskipun sang penderita sudah yakin bahwa dia mendapat tidur malam yang cukup. Penderita hipersomnia meskipun sudah tidur pada waktu siang tetap tidak akan merasa segar. Sang penderita juga biasanya mengalami masalah akut ketika hendak dibangunkan dari tidur malamnya.

Penyebab dari penyakit hipersomnia ini terkadang tidak bisa ditebak, tapi dari beberapa penelitian, terkadang hipersomnia berakar dari beberapa penyakit lain yang lebih serius. Yang paling sering disebut biasanya adalah anemia atau kekurangan zat besi dalam darah, namun ternyata hipersomnia ini juga bisa terjadi karena hipertiroid, penyakit jantung, bahkan diabetes tipe-2.

Penyakit hipersomnia juga sering mengakibatkan fungsi otak terganggu. Biasanya menyerang fungsi kognitif pada otak seperti memori, perhatian dan konsentrasi sang penderita. Pada beberapa kasus, orang yang terkena hipersomnia memiliki kemungkinan besar untuk terkena stres dan depresi.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala dan contoh penyakit rakhitis

Gejala lain yang biasanya dikaitkan dengan hipersomnia adalah masalah pencernaan, temperatur tubuh, kegelisahan berlebihan, dan penurunan nafsu makan. Dari ringkasan singkat ini maka Anda bisa meneliti apakah rasa kantuk dan lelah berlebihan yang Anda alami merupakan gejala penyakit ngantuk. Jika ternyata iya, maka sebaiknya hubungi dokter atau klinik tidur terdekat.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *