gejala penyakit obesitas masa sekarang

Obesitasa alias kegemukan memang sudah lama manjadi sumber masalah bagi sejumlah orang yang mengalaminya. Tak hanya dapat merusak tampilan fisik seseorang saja. Tubuh obesitas adalah sarang dari berbagai jenis penyakit kronis seperti diabetes, kelainan jantung, hipertensi, stroke, gangguan penglihatan, dan masih banyak penyakit kronis lainnya. Ada tiga jenis faktor penyebab utama obesitas, yaitu faktor hormone, faktor genetik, dan faktor gaya hidup yang tidak sehat. Adapun gejala penyakit obesitas, seperti mendengkur saat tidur, susah tidur (insomnia), nyeri sendi dan nyeri punggung, keluar keringat secara berlebihan, timbul ruam atau infeksi pada lipatan-lipatan kulit, merasakan suasana panas, susah bernafas, mudah lelah dan mengantuk, dan mudah depresi.

Seseorang yang menderita obesitas morbid (obesitas dengan BMI lebih dari 40) sangat beresiko mengalami gangguan pada jantungnya. Selain tiga faktor penyebab obesitas di atas, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan obesitas. Faktor tersebut antara lain kurang atau tidak melakukan aktivitas yang melibatkan fisik seperti olahraga atau aktivitas fisik lainnya sehingga proses pembakaran lemak tidak maksimal, sering mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori seperti fast food dan junk food, pasca melahirkan dan masa menyusui, efek samping dari konsumsi jenis obat tertentu seperti obat diabetes, obat antidepresan, obat anti  kejang, obat antipsychotic, beta blockers, steroid, dan konsumsi pil KB serta adanya masalah medis lain.

Nah, agar tak mengalami gejala penyakit obesitas, sebaiknya Anda simak info seputar tindakan pencegahan berikut ini. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara sering atau rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga,  perbanyak konusmsi makanan rendah lemak, lakukan diet sehat, hindari konsumsi fast food dan junk food, perbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak duduk terlalu lama karena akan mengganggu proses metabolism, minimal lakukan aktivita fisik satu jam setiap hari, hindari makanan atau minuman yang manis  dan jika bisa kurangi konsumsi gula sedari sekarang, dan terapkan gaya hidup yang sehat setiap hari. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jika iya, jangan ragu untuk segera mempraktikannya, dijamin aman dan efektif. 

Baca Juga Yang satu ini ...
penyebab gejala penyakit usus 12 jari saat ini
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *