gejala penyakit sinusitis dan pengobatannya

Penyakit sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada hidung. Apa saja gejala penyakit sinusitis? Mari, kita simak bersama-sama tentang gejala-gejala yang terjadi pada penderita penyakit sinusitis.

Penyakit yang satu ini dapat dideteksi dengan mengetahui gejala-gejalanya, yaitu demam, sakit kepala, dan nyeri yang terjadi di sekitar wajah. Gejala-gejala lain yang perlu diperhatikan adalah wajah pucat, hidung tersumbat, ingus yang berubah warna, serta nyeri pada saat batuk dan menelan. Apabila kepala ditundukkan ke depan, muncul rasa sakit yang luar biasa. Sering bersin dan juga gatal pada mata merupakan tahap lanjut dari seseorang yang menderita penyakit ini.

Sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit yang satu ini? Penyebab dari penyakit ini adalah aliran udara dan juga pengeluaran cairan mukus yang mengalami gangguan. Hal ini dapat terjadi karena demam, alergi, flu, dan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan mengakibatkan pembengkakan di ostia sehingga tidak ada jalan keluar yang kemudian menyebabkan penyumbatan pada aliran hidung serta pengeluaran cairan mukus. Ada juga penyebab yang lain yang dapat menimbulkan penyakit sinusitis, yaitu tumor dan trauma.

Ada dua cara untuk mengobati penyakit sinusitis. Yang pertama, pengobatan karena adanya virus tidak memerlukan obat antibiotik. Anda dapat mengatasinya dengan hanya memberikan parasetamol dan dekongestan yang mempunyai peran untuk menghilangkan nyeri. Yang kedua, pengobatan karena infeksi dari bakteri dapat diobati dengan menggunakan obat antibiotik. Sinusitis akibat bakteri ditandai dengan nyeri wajah dan ingus bernanah yang terjadi selama lebih dari satu minggu.

Bakteri-bakteri yang menyebabkan sinusitis antara lain streptococcus pneumonia, haemophilus influenza, staphylococcus aureus, moraxella catarrhalis, dan yang terakhir streptococcus pyogenes. Obat antibiotik yang digunakan harus bisa mengusir lima jenis bakteri tersebut. Namun jika dalam lima hari tidak ada tanda-tanda untuk sembuh, maka berikan saja amoxicillin dan asam klavulanat. Untuk melancarkan drainase cairan mukus diperlukan mukolitik serta dekongestan. Namun, ada beberapa kasus sinusitis yang parah yang memerlukan pembedahan untuk melakukan drainase cairan tersebut.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit radang tenggorokan pada anak kecil zaman sekarang

Jadi, jangan sepelekan penyakit yang satu ini apabila sudah mengetahui gejala penyakit sinusitis dan merasakannya. Segera cek ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih lanjut.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *