gejala penyakit stroke dan pengobatannya

Stroke adalah salah satu penyakit di Indonesia yang merenggut banyak korban. Lalu, bagaimana mengenali gejala penyakit stroke tersebut? Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan, agar dapat melakukan pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit yang satu ini.

Yang perlu diperhatikan bagi semua orang akan adanya stroke adalah informasi yang jelas mengenai penyakit stroke, yaitu penyakit yang menyerang otak dan mempunyai tanda-tanda khusus yang harus diwaspadai oleh semua orang. Tanda-tandanya antara lain pusing tiba-tiba tanpa sebab yang pasti, hilang keseimbangan secara tiba-tiba, mata tiba-tiba tidak bisa melihat dengan jelas, bingung secara tiba-tiba atau sulit bicara, mati rasa secara tiba-tiba pada satu bagian tubuh seperti muka, kaki atau tangan. Selain tanda-tanda tadi, ada juga tanda susulan yang selalu mengikutinya, seperti panas, mual, muntah-muntah, pingsan atau kehilangan kesadaran secara mendadak.

Lalu, bagaimana cara mencegah atau mengatasi penyakit yang mematikan ini? Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit stroke, yaitu:

1.             Buang kebiasaan merokok, karena kebiasaan buruk yang satu ini dapat menyebabkan pengerasan pada dinding pembuluh darah serta memudahkan dalam penggumpalan darah.

2.             Cek tekanan darah secara rutin, hipertensi dapat membuat pembuluh darah mengalami tekanan yang berat.

3.             Kontrol penyakit jantung, jika merasakan gangguan terhadap jantung Anda, sebaiknya berhati-hati karena gangguan jantung akan meningkatkan timbunlya stroke.

4.             Cegah stres dan depresi, kedua hal ini harus bisa diatasi, untuk mencegah timbulnya penyakit stroke.

5.             Konsumsi makanan sehat, atur makanan Anda agar terhindar dari serangan stroke. Makanlah buah dan sayuran dengan porsi yang lebih banyak. Jangan mengkonsumsi daging merah, karena kandungan lemak jenuhnya dapat mengeraskan pembuluh darah. Sebaiknya, mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi untuk mengontrol lemak dalam darah Anda.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penderita penyakit nefritis

6.             Kurangi mengkonsumsi garam, karena garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

7.             Cek berat badan, hal ini untuk menghindari kegemukan atau obesitas karena dapat meningkatkan resiko akan hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung yang dapat memicu timbulnya stroke.

Dengan mengetahui gejala penyakit stroke dan pencegahannya. Semoga dapat mengurangi resiko terjadinya stroke bagi kita semua.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *