gejala penyakit tanaman oleh bakteri

Mempunyai tanaman memang menyenangkan karena sama saja dengan memelihara hewan, meskipun tentunya tanaman tidak bisa berpindah tempat. Tetapi tetap saja, menanam tanaman akan membuat Anda senang. Apalagi jika Anda memang sengaja untuk berbisnis tanaman. Tetapi ada kalanya Anda harus menerima kenyataan bahwa tanaman Anda sakit. Seperti apakah gejala penyakit tanaman itu?

Sebelumnya Anda harus tahu penyebab tanaman Anda sakit. Ada tiga penyebab mengapa tanaman bisa sakit, yakni karena bakteri, jamur, dan virus. Tanaman yang sakit tentunya menunjukkan gejala berbeda tergantung penyebabnya. Akan tetapi, gejala umum yang terlihat adalah timbulnya bercak atau bahkan seperti berlendir.

Berikut ini adalah gejala dari beberapa penyakit tanaman yang perlu Anda baca. Apakah tanaman Anda termasuk salah satunya?

Yang pertama adalah penyakit layu. Biasanya ditemukan pada tanaman nilam dan juga cabai. Tanda-tandanya adalah daun-daun yang layu, dan bisa juga gejala layu yang tiba-tiba sembuh pada sore hari, seperti pada tanaman cabai. Jika dibiarkan, tanaman dapat layu secara permanen. Penyebab tanaman layu ini adalah bakteri.

Kemudian ada pula penyakit busuk. Penyakit ini biasa ditemukan pada tanaman anggrek dan disebabkan oleh bakteri. Bakteri akan menyerang bagian akar. Jika Anda menemukan tanaman anggrek Anda akarnya membusuk, maka Anda harus segera membuangnya agar tidak menulari anggrek-anggrek lain.

Selanjutnya adalah penyakit garis kuning pada daun. Biasanya banyak ditemukan pada bibit tanaman kelapa. Penyebabnya adalah cendawan. Gejala yang terlihat adalah infeksi yang bahkan sudah terjadi sebelum daun membuka. Dan ketika membuka, Anda akan melihat bulatan-bulatan oval kuning pucat pada daun. Hal ini dapat menyebabkan daun mengering.

Ada pula penyakit yang menyerang tanaman karet. Penyakit ini disebut penyakit akar putih karena disebabkan oleh cendawan berwarna putih yang menyerang akar. Selain itu, gejala yang tampak adalah daun berwarna pucat, ranting yang berujung mati, dan ada pula tanaman yang menjadi berbunga lebih awal.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit radang tenggorokan pada anak kecil zaman sekarang

Yang terakhir adalah penyakit bercak pada tanaman lobak. Gejala penyakit tanaman ini adalah daun dan lobak yang menjadi kuning. Penyebabnya adalah virus.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *