gejala penyakit tbc kelenjar

Penyakit TBC (Tuberkulosis) adalah suatu penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Bakteri penyebab infeksi ini tergolong bakteri berjenis basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya. Sekitar 90 persen bakteri ini menyerang paru-paru penderita TBC. Penyakit ini sifatnya sangat menular.  Penyakit ini juga menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penasaran dengan gejala-gejalanya? Ada dua jenis gejala penyakit TBC, yaitu gejala utama dan gejala tambahan yang sering dijumpai. Gejala utama dari penyakit TBC ini adalah batuk yang terus menerus selama 3 minggu atau lebih. Batuk disertai dahak  dan dahak ini berpotensi menularkan bakteri-bakteri penyebab TBC.

Kemudian gejala-gejala tambahan penyakit TBC meliputi: batuk berdahak dan disertai darah, sesak nafas dan nyeri pada dada, demam tinggi selama kurang lebih satu bulan, keringat dingin keluar di malam hari tanpa sebab yang jelas, tubuh terasa lesu dan lemah, dan terjadinya penurunan berat badan karena menurunnya nafsu makan. Kemudian penularan penyakit TBC bisa terjadi melalui beberapa cara. Salah satu media penularan yang paling sering dijumpai adalah melalui cairan yang keluar dari penderita seperti cairan yang keluar saat si penderita bersin atau dahak penderita. Tapi Anda tak perlu cemas Anda akan tertular penyakit ini setelah Anda menghirup udara yang mengadung bakteri tuberculosis. Tidak semua orang yang terkena cairan atau udara yang tercemar bakteri ini akan positif tertular TBC.

Anda yang memiliki sistem imun tubuh yang bagus akan membuat bakteri penyebab TBC yang mungkin masuk ke dalam tubuh Anda akan tertidur alias tidak aktif. Namun jika bakteri ini menyerang pada mereka yang daya tahan tubuhnya kurang bagus dan kurang gizi, berpotensi terinfeksi bakteri penyebab TBC ini. Soal pengobatan penyakit TBC, tidak boleh sembarangan dan wajib disiplin. Dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk menghilangkan bakteri tuberculosis. Pengobatan secara medis dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan khusus untuk penyakit  TBC yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, penderita juga harus rutin kontrol ke dokter sampai dinyatakan sembuh total.  Jadi, bagi Anda yang pernah mengalami gejala penyakit TBC, tak usah malu untuk periksakan diri ke dokter.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit pneumonia pada anak
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *