gejala penyakit tifus untuk semua usia

Penyakit tifus atau umumnya disebut penyakit tipes merupakan penyakit infeksi pada saluran cerna akibat makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri  yang bernama  Salmonella Thypti. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui usus lalu menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini seringnya menyerang anak-anak. Namun tidak tertutup kemungkinan orang dewasa bisa menderita penyakit ini.  Penyakit ini terjadi akibat kurang bisanya si penderita menjaga kebersihan (misalnya tidak mencuci tangan sebelum makan) dan mengkonsumsi makanan/ minuman yang tidak higienis. Adapun beberapa gejala penyakit tifus yang bisa Anda amati adalah sebagai berikut: demam tinggi, nafsu makan yang terus menurun, berat badan yang berkurang, radang tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut, lidah terasa pahit, nyeri otot, sakit kepala, tubuh menggigil, tekanan darah menurun, mual dan muntah, sakit perut dan dada, pingsan, dan parahnya lagi bisa terjadi kebocoran pada usus.

Kemudian cara menangani penderita yang mengalami gejala penyakit tifus di atas, antara lain membawa penderita ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis, memberinya obat-obatan dari dokter seperti antibiotic, analgesic, dll, menggunakan cairan infus jika penderita tak sadarkan diri akibat pingsan, beri makanan yang lunak dan ringan untuk dicerna seperti bubur nasi, hindari makan makanan yang pedas dan asam, memberinya obat alami seperti labu dan ceme, atau bisa juga memberinya kapsul cacing tanah setiap hari.

Cara pencegahan  agar tak menderita gejala penyakit tifus adalah dengan menjaga kebersihan khususnya tangan sebelum makan/ menyentuh makanan/ minuman dan dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu kuat dan mampu menghalangi bakteri atau kuman masuk dan menginfeksi tubuh. Cara menjaga sistem imun tubuh sangat mudah. Cukup mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara rutin, hindari stress, dan jauhi rokok dan minuman beralkohol. Anda juga boleh mengkonsumsi suplemen tambahan yang aman dan baik bagi tubuh. Dengan cara simpel ini, tubuh Anda akan tetap sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai jenis penyakit termasuk penyakit tifus.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit virus flu singapura
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *