gejala penyakit tipes dan pengobatannya

Tipes atau demam tifoid adalah salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. Penyakit ini tak boleh dianggap sepele karena dapat menyebabkan kematian. Umumnya penyakit tipes menyerang anak-anak karena anak-anak rawan mengkonsumsi makanan yang tidak steril atau higienis. Makanan yang tidak higienis rawan dengan tumbuhnya bakteri Salmonella Typhi yang tak lain adalah bakteri penyebab timbulnya  penyakit tipes. Bakteri Salmonella ini dapat ditularkan melalui peralatan makan atau minum yang dicuci kurang bersih . Maka dari itu jika ada anggota keluarga Anda yang menderita tipes, usahakan cuci bersih peralatan makan dan minum yang telah digunakannya.  Media penularan juga bisa melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi secara bersama-sama oleh si penderita, dan melalui sanitasi yang tidak bersih.  Adapun gejala penyakit tipes yang paling mudah dideteksi antara lain demam, gangguan sistem pencernaan,  kesadaran berkurang, sakit kepala, mual, dan muntah.

Penyakit tipes wajib segera ditangani karena jika penyakit ini sudah dalam kondisi yang parah  dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang sangat berbahaya. Komplikasi bisa terjadi di dalam usus maupun di luar usus atau organ-organ penting lainnya. Misalnya  infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi ini dapat menimbulkan pendarahan usus dan bahkan bisa mengakibatkan lubang pada usus. Sedangkan infeksi yang terjadi di organ lain selain usus dapat menimbulkan komplikasi pada organ paru-paru, hati, ginjal, sistem peredaran darah, dan sistem kesadaran.

Bila muncul gejala penyakit tipes di atas, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Dokter biasanya akan memberi Anda antibiotic yang dapat menurunkan demam Anda. Adapun beberapa jenis obat alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat untuk atasi penyakit tipe. Obat alamu tersebut  adalah cacing tanah dan teripang. Cacing tanah memang terlihat menjijikan. Apalagi jika digunakan sebagai obat. Mungkin awalnya Anda enggan meminumnya. Namun terlepas dari itu semua, cacing tanah terbukti sangat efektif untuk mengobati tipes. Cara membuat obat alami dari cacing tanah, sangatlah mudah. Bersihkan isi perut cacing lalu rebus dan minum air rebusan yang sudah disaring. Jika Anda merasa jijik saat meminumnya, anda bisa menggantinya dengan kapsul cacing tanah.  Begitu juga dengan teripang.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala penyakit uremia zaman sekarang
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *