Gejala Penyakit Tumor Pada Manusia

Penyakit tumor, apapun jenisnya, terjadi karena adanya pertumbuhan sel atau jaringan yang tidak normal pada tubuh si penderita. ketidakseimbangan antara jumlah sel yang mati dan sel baru juga dapat menyebabkan tumbuhnya tumor. Tumbuhnya sel yang tidak normal ini menjadi tak terkendali. Kondisi ini timbul karena kebiasaan hidup  yang kurang baik. Misalnya saja merokok, minum minuman beralkohol, kontaminasi zat-zat kimia, gaya hidup yang tidak sehat, obesitas, radiasi, keturunan, dan paparan radiasi matahari secara langsung yanb terlalu sering. Lantas, apa saja gejala penyakit tumor yang paling umum?

Ada beberapa gejala umum penyakit tumor, seperti nafas yang pendek dan timbul rasa sakit di dada, demam tinggi yang terjadi secara berulang, batuk terus menerus, berat badan terus berkurang, tekanan darah tak terkontrol, diare, konstipasi, dan anemia. Jenis-jenis tumor  bervariasi tergantung pada faktor genetic, lingkungan, umur, diet yang sedang dijalani, dan jenis kelamin. Berdasarkan tingkat kesulitan penanganyya, tumor terbagi menjadi tumor jinak, tumor pra ganas, dan tumor ganas. Kemudian, berdasarkan tempatnya, tumor terdiri dari tumor payudara, tumor otak, tumor paru-paru, tumor kolon, tumor rahim, tumor kulit, dan masih banyak jenis tumor lainnya. Lantas bagaimana cara mencegahnya? Penyakit tumor dapat dicegah dengan hal-hal yang mudah dan sederhana. Misalnya saja berolahraga secara teratur, menghindari rokok dan minuman beralkohol, melakukan diet sehat, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan mencegah terjadinya kontaminasi bahan kimia dan radiasi sinar ultraviolet secara langsung.

Anda juga perlu mewaspadai gejala penyakit tumor yang lebih spesifik. Gejala-gejala tersebut antara lain munculnya benjolan yang tumbuh dan membesar pada bagian tubuh tertentu, terjadi penebalan jaringan tertentu, keluarnya zat cair dari tubuh seperti darah, nyeri haid setiap bulan pada wanita, luka lama yang tak kunjung sembuh, dan berkurangnya berat badan yang sangat signifikan. Jika Anda mengalami serangkaian gejala-gejala di atas, sebaiknya Anda periksakan diri Anda ke dokter agar diketahui kondisi kesehatan Anda. Dokter akan memberikan penanganan medis jika Anda memang positif menderita penyakit tumor.

Baca Juga Yang satu ini ...
penyebab gejala penyakit usus 12 jari saat ini
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *