Gejala penyakit ulkus pada tubuh manusia

Ulkus, nama penyakit ini sering terdengar belakangan ini. Namun taukah anda apa yang dimaksud dengan penyakit ulkus? Ulkus adalah kerusakan local atau luka pada kulit ataupun permukaan organ. Kerusakan ini biasanya berbentuk lingkaran, namun ada pula yang tidak berbentuk. Hal ini diakibatkan oleh hilangnya epidermis dan sebagian atau seluruh dermis. Gejala penyakit ulkus berbeda-beda tergantung letak ulkus itu sendiri. Berikut ini penjelasan beberapa ulkus berdasarkan letaknya.

Ulkus diabetikum adalah ulkus yang terjadi pada penderita diabetes milletus. Ulkus diabetikum biasanya terjadi pada ekstremitas bawah atau kaki. Tanda yang terlihat adalah adanya luka pada kaki penderita. Sedangkan gejala yang dirasakan oleh penderita antara lain sering kesemutan, nyeri kaki saat istirahat, sensasi rasa berkurang, penurunan denyut nadi pada pembuluh darah di kaki, kaki mengecil, dingin dan kuku menebal serta kulit kering.

Ulkus yang terdapat pada lambung disebut juga ulkus peptikum atau lebih dikenal dengan tukak. Penyebab ulkus peptikum yang paling umum adalah bakteri Helicobacter pylori. Tanda dan gejala ulkus peptikum yang mungkin timbul adalah nyeri pada perut, biasanya terasa seperti terbakar, kembung dan perut penuh. Nyeri ini biasanya terasa pada malam hari antara jam 12 malam hingga jam 3 pagi. Gejala lain yang dialami antara lain bersendawa, muntah-muntah dan terkadang mengandung darah, kehilangan selera makan, mual, dan penurunan berat badan.

Ulkus mole adalah penyakit infeksi pada alat kelamin yang disebabkan oleh bakteri Streptobacillus ducrey. Ulkus ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Gejala yang mungkin timbul adalah luka borok pada alat kelamin. Luka ini terasa nyeri dan menyakitkan. Infeksi ini menyebabkan kelenjar getah bening di daerah pangkal paha membengkak. Pada wanita gejala lain yang mungkin menyertai adalah nyeri saat buang air kecil, keputihan, nyeri saat menggerakkan perut atau perdarahan pada rectum. Penderita infeksi ini biasanya mengalami deman dan kelelahan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Cabut Gigi Sekaligus

Gejala penyakit ulkus yang berbeda-beda tergantung tempat terjadinya. Bakteri penyebabnya juga berbeda-beda. Hal ini menjadikan penanganan penyakit ini pun berbeda-beda. Untuk itu segeralah hubungi dokter jika merasakan gejala-gejala di atas.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *