Gejala penyakit ulu hati pada orang dewasa

Gastritis atau yang lebih sering dikenal sebagai sakit maag adalah penyakit yang sering kita dengar. Bahkan mungkin banyak dari kita yang mengalami penyakit ini. Gastritis biasanya terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Selain itu jenis makanan yang kita makan juga bisa menjadi penyebab penyakit ini. Seperti makanan yang terlalu pedas dan juga makanan yang terlalu asam. Gastritis biasanya ditandai dengan penyakit ulu hati. Gejala penyakit ulu hati ini sendiri harus dikenali dengan baik agar penanganan yang dilakukan dapat tepat sasaran. Jika sakit pada ulu hati ini disertai dengan gejala rasa mual, kembung, muntah, cepat merasa kenyang, rasa penuh pada perut dan sering bersendawa, maka kemungkinan besar ini merupakan gejala gastritis.

 

Akan tetapi sakit pada ulu hati tidak selama merupakan gejala gastritis. Sakit pada ulu hati tidak selamanya berasal dari lambung. Terkadang sakit di ulu hati ini berasal dari organ lain seperti pancreas, liver, usus 12 jari bahkan bisa berasal dari jantung. Selain itu sakit pada ulu hati bisa jadi merupakan gejala yang ditimbulkan oleh peradangan pada kantung empedu.

 

 

Sakit pada ulu hati bisa terjadi karena peradangan kantung empedu bisa bersifat akut maupun kronis. Selain itu sakit pada ulu hati ini bisa juga disebabkan oleh adanya batu pada kantung empedu tersebut. Analisa lebih lanjut menyebutkan bahwa batu kantung empedu terdiri dari batu kolesterol adan batu pigmen. Batu kandung empedu ini memerlukan penanganan khusus. Bila ukuran batunya kecil bisa dilakukan terapi dengan mengatur asupan makanan seperti pembatasan asupan kalsium yang dapat mengendap dan menjadi batu. Batasi pula penggunaan sodium. Selain itu perbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin C. Pemberian obat-obatan juga bisa dilakukan untuk melarutkan batu kolesterol. Namun bila ukuran batunya besar maka harus dilakukan operasi pengangkatan kandung empedu.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala dan pencegahan penyakit virus HIV

 

 

Sakit pada ulu hati biasanya merupakan gejala penyakit lain. Untuk itu jika sering mengalami gejala penyakit ulu hati segeralah konsultasikan dengan dokter. Pemerikasaan USG abdomen juga perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab sakit ini dengan lebih akurat.

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *