gejala penyakit uremia zaman sekarang

Uremia adalah jenis penyakit yang menyerang organ ginjal. Penyakit ini timbul karena adanya racun yang masuk ke dalam organ ginjal yang kemudian kondisi keracunan ini mengganggu kinerja organ ginjal/ gagal ginjal. Awal mulanya timbulnya penyakit uremia adalah fungsi organ ginjal yang tidak dapat membuang urin keluar tubuh sehingga urin terus menumpuk dalam cairan darah. Ada beberapa penyebab munculnya penyakit uremia ini, antara lain diet protein tinggi, terjadi peningkatan pemecahan protein yang diakibatkan oleh trauma, kanker, atau infeksi, terjadinya pendarahan pada saluran pencernaan, konsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, adanya gangguan pada aliran kemih, dan penurunan aliran darah melalui ginjal akibat hoptensi dan gagal ginjal. Lantas , apa saja gejala penyakit uremia?

Ada beberapa gejala uremia yang sering dirasakan oleh sebagian besar penderita. Gejala tersebut meliputi mual, lelah, muntah, anoreksia, kram otot, penurunan berat badan yang cukup siginifikan, perubahan status mental, pruritus, anemia, koagulopati, hiperkalemia, asidosis, kelainan jantung, dan kelainan endokrin. Jika Anda pernah merasakan gejala-gejala yang sama seperti yang telah disebutkan di atas, segera periksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter.  Kemudian soal penanganan penyakit uremia ini, biasanya dokter akan menyesuaikan treatmen pengobatan dengan penyebab terjadinya uremia. Misalnya saja dengan terapi pemberian preparat zat besi karena  penderita uremia umumnya mengalami kekurangan zat besi.

Kemudian terapi lainnya yaitu dengan melakukan diet rendah protein. Diet protein ini sangat dianjurkan bagi penderita uremia ringan dan sedang. Diet rendah protein ini  mampu mengatasi gejala penyakit uremia seperti muntah dan mual. Terapi lainnya yaitu dengan menggunakan beberapa jenis obat untuk mengatasi kelainan elektrolit dan metabolik pada tubuh penderita seperti hipocalcemia, anemia, hiperkalemia, dan kurangnya zat besi pada darah. Dengan beberapa pilihan terapi ini, penderita penyakit uremia dapat kembali sehat. Fungsi ginjalnya pun akan kembali normal.

Baca Juga Yang satu ini ...
Pentingnya Penanganan Gejala Penyakit Yang Disebabkan Oleh Tikus Secara Dini

Agar gejala penyakit uremia tak lagi muncul, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kesehatan dan fungsi organ ginjal Anda. Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal adalah dengan banyak minum air putih, minimal 8 gelas setiap harinya.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *