gejala penyakit usus kecil pada tubuh orang dewasa

Gangguan pada sistem pencernaan memang tak boleh diabaikan. Gangguan tersebut harus segera ditangani agar tak merambat ke bagian-bagain lainnya. Salah satu lokasi yang menjadi sumber munculnya gangguan pada sistem pencernaan adalah usus kecil. Crohn adalah penyakit yang paling sering menyerang bagian antara usus kecil dan bagian awal usus besar. Ada beberapa gejala penyakit usus kecil ini yang bisa dirasakan oleh penderitanya. Sebut saja diare dan perut terasa  nyeri. Bahkan ada juga yang mengeluh diare yang disertai darah. Frekuensi diarenya juga bisa mencapai 10 sampai 20 kali dalam sehari. Kemudian gejala lainnya yaitu turunnya berat badan secara signofikan. Adapun gejala-gejala ringannya antara lain sariawan, fissure anal, fistula antar organ, dan penyumbatan pada bagian usus.

Gejala-gejala di atas akan semakin parah kondisinya jika penderita mengalami gangguan hormonal dan adanya zat nikotin yang masuk ke dalam tubuhnya. Faktor inilah yang menyebabkan penderita merasakan gejala yang parah dalam waktu yang lama meskipun baru menderita jenis penyakit ini. Sedang ada sejumlah penderita crohn lainnya yang tidak merasakan gejala-gejala di atas sama sekali. Mereka baru akan merasakan beberapa gejala di atas setelah beberapa lama menderita penyakit usus kecil ini. segera periksakan diri And a ke dokter saat Anda merasakan gejala-gejala yang menunjukan bahwa penyakit Anda sudah memasuki stadium akut. Gejala-gejala tersebut antara lain denyut nadi ceoat dan lemah, tubuh terasa sangat lemas, sakit perut yang parah, demam dan menggigil, dan muntah hingga berkali-kali.

Lantas bagaimana penangannya? Penanganan penyakit usus kecil ini tentunya akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit ini. Jika kondisinya sudah terlalu parah, satu-satunya solusi adalah pembedahan atau operasi. Sedang untuk tingkat radang, penderita diperbolehkan hanya mengkonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter, konsumsi obat diare, berolahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat dan berbutrisi, serta tidak merokok.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala awal penyakit ginjal dan pencegahannya

Soal makanan, tak semua  jenis makanan boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit usus. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang justru dapat memperburuk gejala penyakit usus kecil. Misalnya saja makanan yang kaya akan serat, lemak tinggi, produk susu, dan makanan yang dapat menimbulkan gas di dalam usus.

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *