Gejala Penyakit Wilson dan Penyembuhan

Mungkin sebagian besar dari masyarakat masih merasa asing dengan penyakit Wilson, karena itu berikut ini beberapa informasi mengenai gejala penyakit Wilson dan bagaimana proses penyembuhan yang harus dijalani oleh penderitanya. Penyakit Wilson atau dalam bahasa medis disebut hepatolenticular degenerasi adalah sebuah penyakit gangguan genetik yang langka yang disebabkan oleh adanya tumpukan zat tembaga di berbagai bagian organ vital, seperti di hati, kornea mata dan otak. Hal ini terjadi karena terjadinya disfungsi organ hati yang tidak mampu mencerna zat tembaga dengan sempurna yang mana pada akhirnya dapat mengakibatkan zat termbaga menumpuk. Dan jika tidak ditangani dengan cepat dan benar akan mengakibatkan penderitanya terserang penyakit hati, tidak berfungsinya sistem syaraf pusat, dan yang terburuk adalah kematian.

 

Penyebab penyakit Wilson umumnya adalah mutasi genetik, dimana penyakit ini biasanya ditularkan dari orang tua ke anak atau dari satu generasi keluarga ke generasi selanjutnya. Masalah yang umumnya juga dialami penderita adalah protein tubuh yang tidak mampu bekerja secara sempurna dalam memindahkan kelebihan tembaga pada organ tubuh terutama hati. Setelah mengetahui penyebab penyakit Wilson berikut beberapa gejala yang diderita penderita, diantaranya :

  • Terjadinya kelelahan secara berlebihan tanda diketahui sebabnya (walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat atau banyak).
  • Terjadi depresi, dimana hal ini menurunkan kualitas dalam berpikir dan bertindak.
  • Nafsu makan menurut disertai dengan perasaan mual yang menambah semakin buruknya keadaan fisik penderita.
  • Kulit menjadi mudah memar dan terkadang timbul ruam-ruam
  • Mengalami kesulitan menelan makanan, berbicara, dan bergerak
  • Timbulnya pembengkakan pada kaki dan lengan
  • Perubahan pada warna kulit dan bola mata putih menjadi berwarna kuning

 

Pada umumnya gejala penyakit Wilson yang dialami penderita adalah beragam, semua tergantung pada bagian dari tubuh mana yang terserang penyakit Wilson. Namun gejala diatas adalah yang paling sering terjadi dan kurang lebih sama dengan penyakit hati lainnya. sedangkan untuk proses penyembuhan secara medis yang segera harus diupayakan adalah mengurangi penumpukan tembaga pada organ tubuh agar kadarnya menjadi normal kembali. Pihak medis atau dokter biasanya akan memberikan resep obat seperti trientine dan penicillamine untuk menormalkan kembali jumlah tembaga yang berlebihan pada tubuh. Namun mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan efek samping bagi penderita seperti masalah pada kulit, masalah pada sum sum tulang, dan sakit pada bagian pencernaan. Sedangkan untuk keadaan yang sudah sangat parah (kerusakan hati) salah satu jalan yang terbilang ekstrim akan tetapi harus segera dilakukan yaitu transplantasi hati. Dengan begitu organ hati orang yang masih sehat dipindahkan kepada penderita dimana pada akhirnya diharapkan akan menghilangkan rasa sakit pada bagian hati untuk selamanya.

Baca Juga Yang satu ini ...
gejala dan dampak penyakit nekrosis pada tanaman

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *