IMUNISASI

Imunisasi direkomendasi untuk melindungi anak Anda dari penyakit menular tertentu. Bagi kebanyakan anak-anak imunisai menimbulkan resiko yang kecil. Vaksin membantu melindungi manusia, terutama anak-anak, dari banyak penyakit dari ibunya; namun kekebalan ini berumur pendek dan memyebabkan anak-anak beresiko mengalami banyak penyakit. Itu sebabnya vaksin tertentu diberikan kepada anak sedini mungkin pada usia enam bulan pertama. Vaksin yang biasanya diberikan pada anak antara lain :

Vaksin Hepatitis B
Vaksin  ini tertidi dari dari 3 suntikan untuk melawan virus hepatitis B.

Vaksin Polio Oral
Vaksin Terdiri dari 3 dosis sirup untuk melindungi anak Anda dari Polio. Vaksin ini diberikan kepada semua bayi yang lahir di rumah bersalin/ rumah sakit saat akan dipulangkan dari rumah bersalin/ rumah sakit.

Vaksin BCG
vaksin BCG sebaiknya Diberikan pada usia 2 sampai 3 bulan. Sati kali suntikan bermanfaat memberikan kekebalan anak melawan tuberkulosis.

Vaksin DTP ( Difteria, Tetanus, Pertusis )
Vaksin ini terdiri dari 3 suntikan yang dapat memberika kekebalan terhadap difteri, teteanus, dan pertutis ( batuk rejan ). Vaksin DTP dosis (suntikan) pertama kali diberikan pada usia 3-6 minggu. Booster (vaksinasi ulangan) pertama diberika pada usia sekitar 18 bulan; dan yang berikutnya pada usia 4-5 tahun.

Vaksin Campak
Suntikan pertam siberikan pada umur 9 bulan.
Suntikan kedua diberikan pada umur 5-7 tahun.

Vaksin Pneumokokus
Vaksin ini diberikan dalam  dosis, yaitu pada usia 2, 4, 6, dan antara 12-15 bulan untuk melindungi anak dari penyakit pneumokokus invasif.

Vaksin Rotavirus
Vaksin ini diberikan untuk mencegah terhadap diare yang disebabkan oleh rotavirus. Vaksin dapat diberikan sebanyak 2 atau 3 kali, tergantung jenisnya.

Vaksin Varisela
Vaksin Varisela diberikan untuk pencegahan cacat air ( varisela ). Vaksin ini diberikan sebanyak 2 kali, yaitu setelah usia 12 bulan.

Vaksin MMR
Vaksin ini dapat diberikan pada usia 12 bulan, apabila belum mendapatkan vaksin Campak umur 9 bulan. Booster (vaksinasi ulangan) diberikan pada usia 5-7 tahun.

Vaksin Influenza
Diberikan pada anak usia Kurang lebih 6 bulan, setiap tahun, untuk melawan virus Haemophilus Influenzae tipe B. Lihat juga tentang topik Flu

Vaksin HPV ( Human Pailloma Virus )
Vaksin ini diberikan untuk pencegahan terhadap kanker serviks. Vaksinasi diberikan anak oerempuan uasia 9 atau 10 tahun ke atas sebanyak 3 kali.

 

Sumber : Health Guide Magazine ( Golden Rules For Healthy Living )

Read Another Articles :
Kumpulan Pertanyaan Tentang Minuman

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *