Jangan Berolahraga sehabis Makan

 

Jangan Berolahraga sehabis Makan, Banyak orang terutama di kalangan anak-anak, setelah makan langsung bermain sepak bola atau basket. Hal semacam itu bisa mengundang penyakit. Sebab, olahraga seusai makan justru mengakibatkan terkena usus buntu.

Berolahraga sangat tidak disarankan dilakukan setelah makan, terutama olahraga yang berat. Meningkatnya volume gerak tubuh dapat mempengaruhi saluran pencernaan terhadap serapan gizi. Sebab, gerakan-gerakan dalam olahraga bisa mengakibatkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah dikonsumsi.

Jangan Berolahraga sehabis Makan

Jangan Berolahraga sehabis Makan

Olahraga memang dilarang sehabis makan karena seusai seseorang mengonsumsi makanan yang berat, secara otomatis, darah akan mengalir ke bagian perut. Sementara itu, di dalam perut sedang terjadi penyerapan nutrisi dari makanan yang sudah dikonsumsi. Tubuh juga sedang membuang sisa-sisa makanan ke bagian tubuh tertentu sekaligus menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Beberapa orang pun merasakan kram jika berolahraga setelah makan. Sebab, perut yang masih penuh oleh makanan dipaksa untuk menarik ligamen (ikatan sendi). Selain itu, hal ini juga menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut. Bahkan, pada beberapa orang, kondisi tersebut bisa menyebabkan muntah-muntah.

Oleh karena itu,  Jangan Berolahraga sehabis Makan, Banyak orang terutama di kalangan anak-anak, setelah makan langsung bermain sepak bola atau basket. Hal semacam itu bisa mengundang penyakit. Sebab, olahraga seusai makan justru mengakibatkan terkena usus buntu. (menunggu sekian waktu). Adapun lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menunggu tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi (makanan berat atau ringan). Meskipun begitu, biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 2 jam setelah makan.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Ada dua cara metode gurah

Baca Juga Yang satu ini ...
Kebiasaan makan yang salah hingga menjadi hobi
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *