Jerawat Cara Menghilangkannya

JERAWAT

 

Jerawat timbul ketika folikel rambut kulit Anda tersumbat lemak dan sel kulit mati. Biasanya jerawat timbul di wajah, punggung, dada dan lengan bagian atas serta ditandai oleh benjolan kecil merah (papula), kista besar atau nodul. Jerawat mulai timbul saat pubertas dan biasanya akan hilang setelah masa dewasa muda. Jerawat lebih sering timbul pada pria dan mungkin diturunkan dalam keluarga.

Pada sebagian besar penderitanya, jerawat dapat menyebabkan rendah diri, karena penampilannya menjadi tidak enak dipandang.

Jenis-jenis jerawat:

> Blackheads (komedo terbuka) adalah sumbatan besar pada pori-pori. Komedo berwarna hitam atau coklat keabu-abuan karena perubahan kimiawi dari sumbatan yang melunak dalam pori-pori. Dokter kadang-kadang dapat mengeluarkan sumbatan komedo tersebut.

> Whiteheads ( komedo tertutup) adalah sumbatan pori-pori dengan lubang yang kecil. Jenis komedo mi tidak mudah dihilangkan tanpa bantuan dokter.

> Pustula adalah benjolan putih atau kuning yang terjadi ketika bakteri menumpuk di dalam pori-pori, menyebabkan peradangan dan menghasilkan nanah. Memencet jerawat dapat membuat jerawat lebih parah/lebih besar.

> Kista adalah lesi dalam yang berisi nanah dan nyeri, yang bisa menyebabkan jaringan parut.

Penyebab

> Peningkatan hormon yang menyebabkan kelenjar sebasea membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum (minyak), sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan timbul

> Jerawat

> Keturunan

> Stres

> Beberapa obat, misalnya kortikosteroid, obat anti-Tuberkulosa

> Peningkatan aktivitas lapisan atas kulit di sekitar folikel rambut (folikel hyperkeratinization)

> Bakteri spesifik yang menyebabkan timbulnya jerawat (Propionebacterium acnes).

Apa yang dapat Anda lakukan

Sebagian besar kasus jerawat dapat diobati dengan losion, krim atau gel yang dijual bebas di pasaran. Umumnya obat anti-jerawat mengandung benzoil peroksida, resorsinol, asam salisilat dan belerang. Benzoil peroksida membantu mematikan bakteri penyebab jerawat dan membantu mengeringkan lesi. Saat ini, resorsinol, asam salisilat dan sulfur jarang digunakan, namun obat-obat ini mungkin dapat membantu menghancurkan komedo.

> Oleskan obat anti jerawat pada daerah yang terkena setiap hari atau sesuai petunjuk. Jika kulit Anda menjadi sangat kering, kurangi penggunaan obat menjadi setiap 2 -3 hari sekali.

> Jangan mengorek atau memencet jerawat.

> Bersihkan wajah Anda dengan lembut menggunakan sabun ringan tidak lebih dari dua kali sehdfl.

> Cucilah rambut Anda secara rutin.

> Gunakan pelembab, tata rias dan tabir surya berbahan-dasar air dan nonkomedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

> Gunakan masker wajah, untuk menghilangkan minyak berlebih.

> Hindari stres.

> Tidur yang cukup.

> Jika jerawat menjadi parah atau tidak membaik, konsultasikan pada dokter untuk mencegah jaringan parut

Apa yang dapat Dokter lakukan?

> Memberikan resep losion, krim, atau gel anti jerawat yang mengandung tretinoin atau bahan aktif lain yang serupa. Obat-obatan ini membantu menghentikan timbulnya jerawat dengan mencegah tersumbatnya pori-pori dengan cara membantu mengelupas lapisan atas kulit.

> Memberikan resep antibiotik, yang dapat menghambat bakteri dan mengurangi peradangan.

> Pada kasus yang parah, jerawat dapat diobati dengan mengonsumsi kapsul yang mengandung isotretinoin. Namun demikian, obat ini memiliki efek samping, dan tidak diperbolehkan dikonsumsi wanita hamil atau mereka yang berencana untuk hamil dalam waktu dekat.

> Menyuntikkan beberapa jenis obat pada lesi jerawat tertentu. Perawatan ini dapat mengurangi terjadinya jaringan parut.

Penggunaan obat jerawat topikal (obat luar), yang dikombinasikan dengan obat yang diresepkan oleh dokter Anda, dapat membantu mencegah munculnya lebih banyak jerawat lebih lanjut dan mencegah pembentukan jaringan parut.

 

Kesimpulan

Jerawat Muncul Karna Ketidakbersihan wajah Anda, Maka jaga wajah Anda dari segala kotoran atau Bakteri.

Jerawat Cara Menghilangkannya

Jerawat Cara Menghilangkannya

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : olahraga sebagai hobi

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *