jus untuk mengatasi sembelit

Jus Apa yang Membuat Saya Sembuh dari Sembelit?

Saya masih ingat ketika saya menjalani studi kesehatan di IFPA (International Fitness Profesional Association) tentang masalah gizi masyarakat. Prof. Jim Bell mengatakan bahwa ilmu dasar studi gizi adalah memilih, mengelola, dan memasukkan ke dalam tubuh kita. Tetapi menjadi permasalahan sendiri ketika kita tidak bisa menyerapnya, terlebih lagi ketika kita tidak bisa membuangnya (sisa limbah yang tidak terpakai). Bayangkan kalau ada bangkai tikus di rumah Anda sehari saja, maka baik bau dan bahaya penyebaran bakterinya akan mengganggu seisi rumah. Lalu bagaimana kalau 3-4 hari? Pasti akan menyusahkan Anda. Begitu pula kalau Anda makan tetapi Anda tidak bisa membuangnya atau Anda kesulitan buang air besar (BAB). Bayangkan ketika limbah yang harus terbuang di usus besar tersumbat dan tidak bisa Anda keluarkan dalam beberapa hari. Gerakan peristaltik (gerakan alami untuk membuang limbah) di usus besar Anda menjadi pemicu, apalagi jika Anda makan makanan yang bertoksin serta Anda tidak suka makan serat (sayuran).

Frekuensi BAB tiap oranq ber-variasi, ada yang sehari tiga kali, namun ada juga yang seminggu tiga kali. Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat (sembelit kronis) disebut obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kan-ker usus yang berakibat fatal.

Selama 21 tahun saya mengajar di dunia kebugaran, masalah ini selalu saya temui, sehingga saya tergugah untuk memberikan tips dan solusinya. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa posisi jongkok saat BAB memang lebih baik daripada posisi duduk.

Tips:

Makan cukup serat adalah satu cara menyelesaikan masalah ini, contohnya makanlah sayuran setiap hari. Anda juga bisa mencoba ramuan jus saya. Campur tomat, pepaya, dan wortel menjadi satu dengan mesin blender. Minumlah setiap sore hari. Banyak pasien saya yang berhasil sembuh dari sembelit dengan minum jus tersebut secara teratur.

Jam pembuangan terjadi antara pukul 5-7 pagi. Pastikan Rnda melakukan BRB tanpa menunggu perasaan ingin BRB, karena sinyal itu sering Rnda abaikan karena Rnda masih mengantuk. Minum air putih dan rutin berolahraga sangat bagus buat Rnda. Menahan rasa ingin BRB bisa mengaburkan sinyal yang akhirnya juga memicu sembelit.

 

Kesimpulan
Banyaklah mengkonsumsi Sayuran & Buah, Seperti  Buah Naga, Belimbing Wuluh dll.

jus untuk mengatasi sembelit

jus untuk mengatasi sembelit

 

Sumber : SEHAT TANPA REPOT
Artikel Lainnya : flu tidak kunjung sembuh

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *