Karbohidrat

Yang Sesungguhnya tentang Karbohidrat

Sebuah hasil yang sangat disayangkan dari buku buku diet yang sekarang populer adalah orang-orang lebih bingung tentang nilai kesehatan karbohidrat. Terdapat segunung bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa diet tersehat yang dapat Anda konsumsi adalah diet tinggi karbohidrat. Program diet tersebut telah terbukti dapat membalikkan penyakit jantung, menyembuhkan diabetes, mencegah penyakit-penyakit kronis, dan telah terbukti berkali kali dapat menyebabkan penurunan berat tubuh yang signifikan. Namun, semuanya tidak sesederhana itu.

Sekitar 99% dari karbohidrat yang kita konsumsi berasal dari buah, sayuran, dan biji-bijian. Saat semua makanan tersebut dikonsumsi dalam bentuknya yang belum terproses dan alami, sebagian besar karbohidrat masih berbentuk yang kita sebut “kompleks” Ini artinya karbohidrat tersebut terurai dengan cara yang terkontrol dan teratur selama proses pencernaan. Karbohidrat kategori ini mencakup berbagai jenis serat makanan, hampir selurwto»y* le,JP l‘dak tercerna. tetapi tetap menyediakan manfaat substansial bagi kesehatan. Sebagai tambahan, karbohidrat kompleks yang berasal dari makanan utuh ini satu paket dengan vitamin, mineral, dan energi yang luar biasa jumlahnya. Buah, sayuran, dan gandum utuh adalah makanan tersehat yang dapat Anda konsumsi dan unsur pembentuk utama makanan tersebut adalah karbohidrat.

Di ujung lorong lain. ada karbohidrat yang telah sangat terproses; sangat dimurnikan; yang telah kehilangan serat, vitamin, dan mineralnya. Karbohidrat sederhana seperti itu dapat ditemukan di roti tawar, kudapan yang diolah (termasuk biskuit dan chips dari tepung terigu), makanan manis (termasuk kue kering, permen, dan minuman ringan bersoda yang penuh gula). Karbohidrat yang sangat dimurnikan dan terproses ini berasal dari biji-bijian atau tanaman yang mengandung gula. seperti tebu dan bit. Makanan tersebut sudah siap terurai menjadi bentuk karbohidrat paling sederhana, yang diserap tubuh untuk memberikan gula kepada darah, dikenal dengan glukosa.

Sayangnya, kebanyakan warga Amerika mengonsumsi karbohidrat yang dimurnikan, terproses, dan sederhana ini dalam jumlah banyak. Sebagai contoh, pada tahun 1996, 42% penduduk Amerika mengonsumsi cake, cookies, pastry, atau pie setiap harinya, sementara hanya 10% yang mengonsumsi sayuran berwarna hijau tua.*” landa yang sangat mencolok lainnya, hanya tiga jenis sayuran yang disajikan untuk setengah dari keseluruhan sajian sayuran pada tahun 1996: kentang, yang sering dikonsumsi dalam bentuk kentang goreng atau keripik; kembang kol, salah satu sayuran yang paling sedikit mengandung nutrisi; dan tomat kalengan, yang mungkin hanya berupa bagian dari konsumsi pizza atau pasta. Sebagai tambahan fakta, rata-rata orang Amerika mengonsumsi 32sdtgula tambahan per liari pada tahun /996/* dan )elas terlihat bahwa orang Amerika hampir kecanduan semua bentuk karbohidrat sederhana, telah dimurnikan, dan hampir sama sekali tidak menyentuh karbohidrat kompleks yang menyehatkan.

Di Amerika, karbohidrat mendapatkan reputasi yang begitu buruk karena hampir seluruh karbohidrat yang dikonsumsi warga Amerika berasal dari makanan cepat sa|i (junk-food) atau biji-bi|ian yang telah begitu dimurnikan sehingga harus ditambahkan berbagai vitamin dan mineral. Di titik ini. para penulis buku populer dan saya sctuiu. Misalnya, Anda dapat menjalani diet rendah lemak dan tinggi-karbohidrat dengan secara eksklusif mengonsumsi makanan-makanan berikut: pasta yang dibuat dari tepung yang dimurnikan, keripik kentang panggang, soda, sereal bergula, dan permen rcndah-lemak. Namun, makan dengan cara demikian adalah ide buruk. Dalam sebuah penelitian eksperimental, manfaat kesehatan yang dimiliki oleh diet tinggi karbohidrat berasal dari konsumsi karbohidrat kompleks yang ditemukan di gandum utuh, buah, dan sayuran. Makanlah sebuah apel, zucchini, atau sepiring nasi merah dengan kacang-kacangan dan sayuran lainnya.

 

KESIMPULAN
Karbohidrat
memang sangat dibutuhkan Tubuh Anda. Maka itu Tubuh Anda jangan sapai kekurangan Karbohidrat dalam tubuh Anda.

SUMBER                                  : RAHASIA ORANG CHINA
LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : Indikasi Bronkhitis

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *