Kebiasaan Buruk Tidak Makan Sayur dan Buah

 

Kebiasaan buruk yang juga sering kali dilakukan adalah tidak makan sayur dan buah. Padahal, keduanya mcngandung antioksidan, serta membuat badan tetap segar dan sehat. Sayangnya, banyak orang yang justru tidak suka sayur dan jarang mengonsumsi buah. Sehingga, asupan gizi di dalam tubuh tidaklah mencukupi.

Konsumsi buah dan sayur juga sangat penting untuk memperoleh pola gizi seimbang. Mengapa de-mikian? Sebab, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral, serat makanan, dan zat-zatphytochemical yang sangat diperlukan tubuh. Tanpa vitamin dan mineral, proses pemanfaatan gizi yang dikonsumsi di dalam tubuh tidak akan berfungsi secara maksimal. Selain itu, tubuh juga akan rentan terserang penyakit karena kekurangan zat antioksidan.

Adapun vitamin utama yang terkandung di dalam buah dan sayur yang sulit digantikan oleh makanan lainnya adalah vitamin C, asam folat, dan golongan karoten, khususnya betakaroten yang akan bekerja menjadi antioksidan.

Kebiasaan Buruk Tidak Makan Sayur dan Buah

Kebiasaan Buruk Tidak Makan Sayur dan Buah

Antioksidan adalah zat pelindung sel tubuh agar terlindungi dari radikal bebas. Radikal bebas ialah suatu atom atau unsur yang kehilangan pasangan sehingga akan merusak sel-sel sehat dan menyerang ketahanan tubuh. Radikal bebas ini bisa muncul di dalam tubuh sebagai hasil dari proses metabolisme makanan atau rimbul dari Iuar tubuh karena adanya polusi. Sel-scl yang rusak itu dapat berubah mcnjadi bebcrapa penyakit ganas, seperti kanker, atau mcnyebabkan penyakit degeneratiflainnya, misalnya penyakit jantung.

Berikut adalah ulasan singkat mengenai kandungan gizi dalam buah dan sayur:

a. Vitamin

Vitamin tidak memberikan kalori, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, vitamin pun tidak ikut menyusun jaringan tubuh. Namun, peranannya sangat penting dalam tubuh manusia. Tanpa vitamin, proses metabolisme makanan tidak dapat berjalan dengan baik. Dan, kekurangan vitamin dalam tubuh akan menyebabkan timbulnya penyakit tertentu atau kelainan-kelainan pada fungsi tubuh.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual pemutih gigi di Indonesia Crest 3d Whitestrips untuk perokok

Karena vitamin tidak dapat disintesis dalam tubuh, kecuali vitamin K, maka vitamin harus diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi. Dalam bahan makanan pun, kandungan vitaminnya berbeda-beda. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral adalah buah dan sayur. Pada umumnya, vitamin dibagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

1) Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin yang larut dalam lemak terdiri atas vitamin A, D, E, dan K. Vitamin-vitamin ini terdapat dalam darah dan dikirim ke jaringan-jaringan yang larut dalam lemak. Selain itu, vitamin-vitamin ini juga tersimpan dalam lemak tubuh. Jika jumlah vitamin-vitamin tersebut telah melampaui batas maka akan terjadi penumpukan sehingga menyebabkan keracunan.

2) Vitamin yang Larut dalam Air

Kelompok vitamin jenis ini antara lain vitamin B kompleks dan vitamin C.

b. Mineral

Mineral sangat penting bagi tubuh. Dalam tubuh, setiap sel memiliki cairan. Cairan tersebut terdapat di dalam dan luar sel dengan elektrolit-elek-trolit di dalam selaput sel dan cairan luar. Elektrolit ini berkoordinasi dalam mentransfer zat gizi dalam sel dan mengumpulkan sisa-sisa pembakaran dalam sel keluar tubuh. Oleh karena itu, kekurangan mineral kronis dapat mengganggu kesehatan tubuh.

c. Phytochemical

Phytochemical merupakan bahan kimia yang berasal dari tanaman. Phytochemical telah menarik perhatian para ilmuwan dan diteliti lebih lanjut karena berpengaruh terhadap keschatan tubuh.

Tanaman menghasilkan phytochemical untuk mempertahankan diri dari serangan bakteri dan virus. Jika tanaman ini dimakan, zat-zat yang ada di dalamnya akan terserap dan ikut bekerja sebagai pclindung tubuh manusia terhadap serangan bakteri dan virus.

Sementara itu, banyak hasil studi dan penelitian yang membuktikan bahwa phytochemical mempunyai peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga Yang satu ini ...
Manfaat detox untuk keuarga

d. Serat Makanan

Selain vitamin, mineral, serta phytochemical, buah dan sayur juga mengandung serat makanan. Serat makanan termasuk kategori zat nongizi. Sayur dan buah merupakan sumber serat pangan yang baik. Kandungan serat makanan pada buah ialah 0,55 g dalam 100 g berat buah. Namun, kandungan serat makanan dalam sayur jauh lebih banyak dibandingkan buah.

Serat makanan dibagi menjadi dua jenis, yaitu serat tidak larut air dan larut air. Bentuk serat makanan yang tidak larut dalam air, seperti hemiselulosa, lignin, dan selulosa yang mempunyai kemampuan untuk mengikat air. Adapun serat makanan yang larut dalam air (misalnya mucilage, guar gum, dan pektin) merupakan bagian dinding sel tanaman yang mudah larut dalam air.

Tubuh manusia membutuhkan serat makanan sekitar 20-30 g. Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan padi-padian. Walaupun tidak mengandung gizi, tetapi serat makanan memiliki khasiat kesehatan yang tidak tergantikan oleh zat gizi lain. Fungsinya ialah meningkatkan sekresi pankreas, memproduksi asam lemak rantai pendek dan cairan empedu, membuat rasa cepat kenyang karena volumenya yang besar, serta meningkatkan berat feses karena mampu larut dan terikat dengan air. Selain itu, serat juga mampu menurunkan serum lemak, mempercepat proses pencernaan makanan, serta mendukung pertumbuhan mikroflora yang baik bagi pencernaan makanan.

Kandungan gizi yang terdapat pada sayur dan buah memang sangat penting bagi tubuh. Sebagai contoh, setengah cangkir brokoli yang dikonsumsi setiap hari akan melindungi dari serangan kanker esofagus, lambung, usus besar, paru-paru, laring, prostat, mulut, dan faring. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung suatu fitokimia tingkat tinggi, seperti sulfarophane dan antioksidan lainnya. Brokoli pun mengandung beta dan alfa karoten, serta senyawa sulfur amino.

Baca Juga Yang satu ini ...
Berapa kalori dalam pancake coklat

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Tips Cara mencegah obesitas pada anak

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *