Kehamilan dengan Plasenta Previa

Kehamilan dengan Plasenta Previa

Perdarahan yang terjadi saat kehamilan merupakan salah satu kegawatdaruratan di bidang Obstetri. Salah satu penyebab perdarahan yang teriadi selama kehamilan adalah Plasenta previa.

 

Plasonta previa adalah portumbuhan plasenta yang terletak pada dinding rahim bagian bawah dan menutupi seluruh atau sebagian dari mulut rahim Plasenta atau ari-ari. berkembang selama kehamilan dan merupakan pemberi nutrisi dan oksigen bagi lanm yang sedang berkembang Serviks atau mulut rahim adalah bagian terbawah rahim yang akan membuka saat proses persalinan berlangsung Pada awal kehamilan, sangatlah wajar apabila plasenta tumbuh pada dinding rahim bagian bawah. Seiring dengan membesarnya rahim, plasenta akan ikut bergerak naik sesuai dengan perkembangan rahim.

Memasuki trimester III, seharusnya plasenta sudah tidak lagi berada di bagian bawah rahim sehingga mulut rahim dapat terbuka saat persalinan dan siap untuk melahirkan secara normal. Namun apabila plasenta masih Perada d iba wah dan menutupi seluruh atau sebagian mulut rahim, keadaan tersebutlah yang disebut dengan Previa

Jenis dan Plasenta previa

1 Marginalis keadaan dimana tepi plasenta mendekati mulut rahim tetapi tidak menutupi mulut rahim.

2 Partialis: keadaan dimana plasenta menutupi sebagian mulut rahim

3 Totalis, keadaaan dimana plasenta menutupi seluruh mulut rahim

Penyebab terjadinya Plasenta previa :

Plasenta previa terjadi pada I diantara 200 kehamilan. Akan lebih sering terjadi pada wanita yang memiliki faktor risiko seperti berikut;

1 Abnormalitas bentuk rahim.

2 Banyaknya jumlah kehamilan sebelumnya

3 Riwayat kehamilan ganda (kembar) sebelumnya

4 Riwayat adanya operasi di bagian rahim seperti sesar atau kuretase.

5 Wanita perokok.

6 Hamil pada usia tua

GEJALA PLASENTA PREVIA

Gejala utama dari plasenta previa adalah perdarahan yang terjadi secara tiba-tiba kadangkala disertai dengan adanya kontraksi Perdarahan seringkah terjadi pada akhir trimester II atau awal trimester III. atau sama sekali tidak terjadi perdarahan sampa dengan memasuki masa persalinan.

Jumlah perdarahan sangat bervariasi, dapat hanya berupasedikit tetesan darah, sampai jumlah darah yang cukup banyak melebihi perdarahan saat haid

PEMERIKSAAN YANC HARUS DILAKUKAN

Dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi untuk mendiagnosis adanya Plasenta previa Termasuk jenis dari Plasenta previa dan dalamnya perlekatan plasenta pada dinding rahim, apakah hanya di dinding rahim atau sampai mencapai otot rahim bahkan keluar otot rahim sampai mencapai dinding kandung kemih.

Hal mi harus dipastikan mengingat dokter harus mempertimbangkan jumlah perdarahan yang mungkin akan terjadi dan mempersiapkan darah untuk transfusi, bila diperlukan, sebelum bayi Anda dilahirkan.

PENGOBATAN

Dokter akan sangat berhati-hati dalam menentukan apakah bayi Anda harus segera dilahirkan, atau masih dapat menunggu sampai usia kehamilan dapat melampui 36 minggu. Apabila perdarahan masih dapat c atasi dan kontraksi dapat dihilangkan. waktu terbaik untuk melahirkan bayi Anda pada keadaan ini adalah 36 minggu ke atas. Pada wanita hamil yang mengalami Plasenta previa, pilihan cara persalinan adalah dengan melalui operasi sesar Apabila dipaksakan untuk lahir secara normal, maka perdarahan yang teriadi sangat banyak akan sangat sulit diatasi, dan hal ini sangat berbahaya karena mengancam nyawa ibu dan bayinya

Apabila usia kandungan Anda baru memasuki awal trimester III dan teriadt perdarahan yang tidak banyak serta masih bisa diatasi, sebaiknya mengikuti aniuran dokter untuk:

• Mengurangi aktivitas fisik.

• Bed re it total pada wanita hamil dengan riwayat perdarahan banyak dan berulang.

• Pelvic rest seperti tidak berhubungan seksual selama sisa waktu kehamilan, tidak memasukkan tampon vagina, tidak melakukan douching atau pembersihan vagina dengan cara menyemprotkan cairan dengan menggunakan aplikator tertentu.

Ibu hamil dengan Plasenta previa seringkah dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit dengan tujuan agar dokter dapat lebih mudah melakukan observasi ketat serta memberikan obat-obatan khusus yang mungkim diperlukan seperti.

• Transfusi darah pada ibu yang mengalami anemia akibat perdarahan yang terjadi.

• Obat-obatan untuk mencegah terjadinya persalinan lebih awal Cpreterm), karena saat terjadi perdarahan sering disertai adanya kontraksi yang memicu terjadi proses persalinan

• Obat-obatan yang digunakan untuk mematangkan paru janin.

KESIMPULAN
Kehamilan dengan Plasenta Previa,
 Gejala utama dari plasenta previa adalah pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba, kadangkala disertai dengan adanya kontraksi.

SUMBER                                          : HEALTH FIRST Magazine
LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : Penghancur Imunitas tak Terduga & Cara Mengatasinya

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *