Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell

 

Sebelum membahas tentang latihan dengan dumbbell, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa kelebihan menggunakan alat dumbbell untuk angkat beban. Selain harganya yang relatif terjangkau, ternyata penggunaan dumbbell memiliki efektivitas untuk membentuk otot dengan sangat baik.

1. Dumbbell memberikan berbagai macam variasi gerakan latihan

Berbeda dengan alat mesin gym yang mahal, dumbbell memberikan banyak pilihan gerakan yang dapat Anda lakukan. Selain itu, alat tersebut memberikan keleluasaan dalam bergerak, entah itu bediri, duduk, dengan satu tangan ataupun secara berpasangan serta dapat dikombinasikan dengan dengan bola latihan.

2. Dumbbell membuat otot Anda berkembang

Otot dapat menjadi jenuh ketika melakukan gerakan yang sama berulang-ulang sehingga perkembangan otot menjadi lambat. Dengan dumbbell, Anda bisa menciptakan puluhan pilihan gerakan yang melatih otot-otot yang berbeda sehingga otot tidak menjadi jenuh dan cepat berkembang.

 Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell

Kelebihan Latihan Menggunakan Dumbbell

3. Dumbbell membuat gerakan siku menjadi leluasa

Dumbbell juga dapat diatur beratnya, Anda bisa menambahkan beban yang Anda inginkan. Beban yang ringan memudahkan Anda untuk melakukan gerakan seperti memutar, mengayun atau menekan. Tergantung dari otot yang Anda latih.

4. Dumbbell memberikan keleluasaan untuk lengan

Hampir sebagian besar gerakan latihan dengan menggunakan alat mesin di gym harus dilakukan dengan kedua tangan untuk mendorong atau menarik beban. Dengan menggunakan dumbbell, Anda dapat menggunakan satu lengan saja untuk melatih agar otot lebih mudah mengalami failure, dan megonsentrasikan beban tersebut hanya pada satu lengan sehingga otot tubuh Anda yang terlibat menjadi semakin kuat.

5. Dumbbell membuat seluruh tubuh Anda terlibat seeara seimbang

Duduk saat Anda melakukan gerakan dengan mesin membuat otot yang terlibat bekerja secara fokus, tetapi tidak melibatkan bagian otot lain seperti ketika Anda melakukan gerakan tersebut dengan dumbbell. Ketika menggunakan salah satu lengan atau kaki, Anda akan membuat bagian otot yang lain bekerja untuk menyeimbangkan bagian tubuh Anda. Jadi, selain membentuk otot secara maksimal, latihan dengan dumbbell juga akan melatih keseimbangan tubuh Anda.

6. Dumbbell menjamin keamanan saat Anda berlatih

Sebagian besar orang mengganggap alat mesin di gym lebih aman daripada sepasang dumbbell. Ini ternyata salah karena alat gym akan membatasi gerakan persendian serta mengunci gerakan Anda. Sebaliknya, dengan dumbbell, Anda bisa bebas menggerakkan persendian Anda. Ketika merasa terlalu berat, Anda dapat dengan mudahnya mengubah posisi lengan atau tubuh Anda untuk menghindari cedera yang tidak bisa dihindarkan ketika menggunakan alat mesin.

7. Dumbbell bekerja efektif, tidak peduli bagaimana bentuk tubuh Anda

Sebagian orang kesulitan dengan alat mesin di gym karena lengan yang terlalu panjang atau pendek sehingga gerakan menjadi kurang maksimal. Dengan menggunakan dumbbell, tidak peduli bagaimana bentuk tubuh Anda apakah bahu lebar, lengan panjang atau pendek, tubuh tinggi besar atau pendek, semuanya dapat dilakukan dan tidak akan membatasi gerakan Anda.

8. Dumbbell meningkatkan performa atletis

Dari semua alasan yang dikemukakan, dumbbell memberikan keseimbangan yang lebih baik, perkembangan otot yang maksimal, minim risiko cedera. Tidak hanya itu. Dumbbell juga melibatkan otot yang bekerja lebih banyak sehingga akan meningkatkan performa saat melakukan aktivitas atau olahraga lain yang Anda lakukan.

Sumber : Rahasia Diet 2

Oleh : The Home Gym

Baca artikel menarik lainnya : Hati-hati Terhadap Pewarna Makanan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *