Kembali Fit Setelah lebaran

 

Kembali Fit Setelah lebaran, Letih setelah berlebaran di kampung halaman, tetapi harus segera memulai aktivitas rutin? Anda perlu segera memulihkan kondisi fisik akibat kerja otot yang terlalu berlebihan. Kelelahan ini disebabkan peningkatan produksi asam laktak. Ini yang merabuat tubuh terasa pegal-pegal.

Apabila terlalu lelah maka menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Dan, hal ini akan menyebabkan Anda gampang terkena penyakit, seperti diare, infeksi saluran penafasan (ispa) hingga penyakit tipus.

Bagaiman menghilangkan pegal-pegal yang bisa mengganggu produktivitas kerja? Anda perlu beristirahat cukup. mengonsumsi makanan bergizi, serta menghindari makanan yang bersifat asam. Karena, makanan seperti itu akan menyebabkan pegal-pegal tidak segera pergi.

Kembali Fit Setelah lebaran

Kembali Fit Setelah lebaran

Hal itu terjadi karena sebagian besar tubuh yang terdiri atas otot dalam posisi diam atau dinamis guna mempertahankan tubuh. Karena posisi yang bebannya ditopang otot itu terlalu berlebihan, maka produksi asam laktat meningkat dan menumpuk di otot dan ini yang membuat tubuh terasa pegal-pegal.

Sebenarnya rasa pegal-pegal itu bisa dicegah sejak mudik, balik hingga sampai di rumah kembali. Caranya melakukan peregangan setiap 15 menit sekali, terutama pada kepala, pinggang dan betis. Dengan peregangan itu, otot bisa mengendur sekaligus mengurai asam laktat.

Tetapi bila pegal-pegal terasa sampai di rumah, maka peregangan tetap menjadi pilihan utama untuk melemaskan otot. Hal penting lain, adalah menghindari makanan bersifat asam guna menghindari produksi asam laktak yang berlebihan.

“Produksi asam laktak yang berlebihan akan membuat pegal-pegal. Semakin menumpuk, rasa pegal yang dirasakan semakin sakit,” ujar dr. Satrio Tjondro.

Asam laktat yang menumpuk di otot leher akan mengakibatkan sakit ketika menengok dan mampu menimbulkan sakit kepala, bahkan dapat menyebabkan vertigo. Hal ini terjadi akibat myofascial pain syndrome.

Baca Juga Yang satu ini ...
Puasa sebagai Metode Detoks

Ia mengingatkan, kalau sakit di pinggang tidak segera sembuh meski sudah peregangan, maka perlu segera memeriksakan diri. Karena, hal itu bisa mengindikasikan saraf terjepit. Apalagi, jika Anda adalah orang tua dan menderita obesitas.

Hal itu juga haras menjadi perhatian bagi mereka yang memiliki riwayat bantalan sendi. Karena, penekanan otot di daerah pinggang itu mampu memengaruhi bantalan sendi dan berakibat pada penekanan saraf. Apabila tidak segera periksa maka bisa berdampak pada kelumpuhan kaki Anak

Selain orang dewasa, anak-anak juga perlu mendapat perhatian. Karena, kelelahan pada anak akan membuat mereka gampang terserang penyakit akibat daya tahan tubuh lemah. Apalagi pada saat mudik dan balik Lebaran ditandai dengan anomali cuaca, yakni panas dan hujan.

Dokter spesialis anak dr. Khumaedi, Sp. A.,M.A.R.S., menyarankan agar anak-anak tidak terlalu letih dan banyak beristirahat. Hal ini untuk mengembalikan daya tahan tubuh mereka.

“Dengan cara seperti itu. mereka tidak gampang terkena penyakit. Apabila daya tahan turun, anak-anak itu gampang terkena demam,” ujar dosen FKUI ini.

Selain itu, dr. Khumaedi menyarankan agar anak-anak diberi asupan bergizi. Yang tak kalah pentingnya, adalah menjaga kebersihan, mulai kebersihan tangan hingga makanan atau jajanan. Hindari pula makanan yang bersifat asam guna menghindari penumpukan asam laktat pada otot yang membuat pegal-pegal.

Berikut makanan yang bisa membantu memecah asam laktat: Alpukat; mengandung lemak baik (HDL) juga membantu mengurangi asam laktat. Lemon yang bersifat basa bisa membantu memecah asam laktat. Buah lain dengan khasiat sama, di antaranya tomat.

Perbanyak mengonsumsi sayuran karena mayoritas sayuran bersifat basa dan menyehatkan untuk dikonsumsi seusai melakukan aktivitas berat. Sayuran itu, di antaranya bayam, brokoli. kangkung, dan kacang hijau. Demikian pula bawang raerah, lobak, wortel, dan bawang putih. Minyak zaitun yang bersifat basa juga bisa mengurangi penumpukan asam laktat.

Baca Juga Yang satu ini ...
Tips Merayu Anak agar mau ke dokter gigi

Biji labu, biji bunga raatahari dan biji ramu raampu mengurangi penumpukan asam laktat seusai beraktivitas berat.

Kacang almond baik untuk camilan. Dengan sifatnya yang basa, kacang ini bisa memecah asam laktat.

Baca artikel menarik lainnya : Jangan Malu Meregang Otot di Kantor

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *