keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat

Pintar Memilih Bahan Makanan dan Makanan

Sehat itu pintar, pintar memilih jenis bahan dan mengelola bahan pangan, pintar memilih jenis makanan, pintar menggabungkan menu makanan, pintar makan dalam porsi (ukuran) yang benar, dan pintar makan makanan pada jamyangdisarankan. Informasi dalam bab ini disajikan dengan harapan dapat membantu dasar pemikiran untuk pintar dalam menentukan apa yang akan kita makan.

Sebelum kita bicara bahan pangan dan makanan, mari kita belajar mengenalnya. Makanan merupakan salah satu faktor penentu kesehatan kita, karena tidak sedikit penyakit yang disebabkan oleh makanan yang kita makan. Semakin berkualitas makanan yang kita makan (dalam hal ini kandungan zat-zat gizi yang ada dalam makanan), semakin rendah risiko kita terkena suatu penyakit. Kualitas makanan sangat tergantung dari bahan makanan yang digunakan. Makanan sehat berasal dari bahan makanan sehat pula.

Memilih Daging Sapi, Kambing, dan Domba

Anda yang tak sering memasak mungkin agak sulit mengetahui rupa daging yang segaryang tersedia di supermarket. Namun ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan kesegaran daging saji.

1. Warna Salah satu ciri fisik yang mudah terlihat adalah warna daging itu sendiri. Pilih daging yang masih berwarna merah cerah. Jangan sekali-kali memilih daging dengan warna yang sudah tidak merah lagi, karena bisa berarti daging ini sudah lama dan tidak layak dikonsumsi.

2. Tekstur Tekstur daging yang masih segar terasa masih kenyal. Tekanlah sedikit bagian daging untuk mengetahui teksturnya. Jika tekstur daging kembali seperti semula setelah ditekan, atau kenyal, berarti daging masih segar.

3. Bau Daging yang masih segar memiliki aroma yang segar, atau yang biasa disebut bau daging. Kalau dagingnya segar, pasti baunya tidak asam.

4. Tidak ada cairan Ketika membeli daging, Anda pasti melihat cairan berwarna merah mirip darah mengalir keluar dari daging. Cairan ini bukanlah darah, melainkan jus atau sari dari daging tersebut. Di supermarket hal ini sering ditemui, namun sebisa mungkin jangan pilih daging dalam kemasan styrofoam berbungkus plastik wrap yang menampakkan cairan tersebut. Kalau cairan jus tersebut banyak yang keluar, dagingnya jadi tidak ada rasanya dan tidak enak.

5. Jangan beli daging beku Jika bisa membeli daging segar dan akan langsung mengolahnya, mengapa harus membeli daging sapi beku? Membekukan daging bertujuan untuk mempertahankan keawetan daging. Mungkin saja daging ini awet, namun sebenarnya sudah tidak segar lagi. Ketika terpaksa membeli daging beku, pilih daging yang tidak ada bunga esnya, karena kemungkinan bunga es ini juga ada di dalam daging. Daging yang sudah memiliki bunga es berarti bukan daging yang baik dan segar. Daging ini sudah melalui tiga kali proses pengawetan, yaitu pembekuan, pendinginan, dan pembekuan.

Kesimpulan

Memilih Daging Sapi, Kambing, dan Domba  Untuk keperluan dikonsumsi tubuh harus sangat diperhatikan dalam pemilihannya dari berbagai perhatian.

keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat

keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Masalah Pada Ibu Menyusui Dan Solusinya