Kiat-Kiat Mengatasi Susah Tidur Malam Hari

Umumnya, manusia memerlukan waktu tidur sebanyak 8 jam seharinya, jika kurang dari itu maka lama kelamaan daya tahan tubuh Anda akan melemah dan Anda akan jatuh sakit. Jika Anda merasa susah tidur apalagi jika hal tersebut terjadi dalam 2 hari berturut-turut maka Anda harus mulai memikirkan bagaimana caranya agar Anda bisa tidur nyenyak. Susah tidur ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama, karena Anda menderita beberapa penyakit yang menyebabkan Anda susah tidur seperti penyakit jantung, Alzheimer, gangguan pencernaan dan asma. Penyebab kedua adalah karena gangguan psikologis Anda seperti stress, terlalu banyak pekerjaan, kekhawatiran terhadap suatu masalah dan lainnya. Untuk bisa tidur karena penyebab gangguan psikologis ini caranya hanyalah Anda harus bisa menyelesaikan masalah Anda dulu dan membuat diri Anda rileks. Penyebab ketiga adalah karena faktor lingkungan, misalnya suara bising di sekitar rumah, tempat tidur yang tidak nyaman, teman tidur yang mengganggu, cahaya yang menyorot, atau bisa juga karena faktor suhu kamar yang teralu dingin atau terlalu panas. Penyebab keempat Anda susah tidur, bisa juga karena pengaruh obat yang Anda konsumsi atau konsumsi alkohol yang berlebihan. Apapun penyebabnya Anda harus mampu mencari cara mengatasi susah tidur dalam 2 hari, sehingga setelah itu Anda bisa tidur nyenyak dan sehat kembali serta bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

 

Perhatikan Kondisi Kamar Tidur

Kamar tidur adalah faktor yang harus Anda perhatikan agar Anda dapat mengatasi susah tidur yang Anda alami. Karena dengan makin nyamannya kamar tidur Anda akan membantu Anda untuk terlelap lebih cepat. Rapikan tempat tidur Anda dan buatlah senyaman mungkin, spreinya diganti dengan yang bersih dan bantalnya pun dirapikan serta jangan menumpuk terlalu banyak bantal di tempat tidur Anda yang menyebabkan ruang gerak Anda menjadi sempit. Jika perlu beri lilin aromaterapi yang bisa membuat pikiran Anda tenang dan membuat Anda cepat terlelap.

 

Jangan Melakukan Kegiatan Fisik Sebelum Tidur

Ada beberapa orang yang meyakini jika melakukan kegiatan fisik sebelum tidur akan membantu Anda cepat tidur, tapi hal tersebut salah, justru melakukan kegiatan fisik seperti olahraga sebelum tidur akan membuat Anda makin susah memejamkan mata. Lebih baik pergilah tidur dengan hati yang tenang sehingga Anda bisa segera mengantuk dan tidur.

 

Hindari Kafein

Cara mengatasi susah tidur dalam 2 hari yang selanjutnya adalah hindari minum kafein seperti kopi sebelum tidur. Seperti yang kita ketahui bahwa kafein akan membuat kita tidak mengantuk, sehingga dengan minum kafein Anda akan makin kesulitan untuk terlelap.

 

Jangan Mengkonsumsi Obat Tidur

Obat tidur mungkin memang akan membantu Anda untuk bisa tidur namun obat tidur sama sekali tidak disarankan dalam cara mengatasi susah tidur dalam 2 hari. Karena selain akan memberikan efek samping, nantinya Anda akan ketergantungan terhadap obat ini, sehingga ke depannya Anda akan kesulitan tidur jika tidak mengkonsumsi obat-obatan ini.

 

Jangan Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

Ada baiknya Anda menunggu 2 jam hingga 3 jam setelah makan untuk kemudian tidur. Jika tepat sebelum tidur Anda makan, maka itu hanya akan menyulitkan Anda, sebab tentunya organ pencernaan Anda butuh waktu untuk mencerna semua makanan Anda dan itu tidak akan bisa dilakukan dengan baik saat Anda tidur.

 

Berhenti Merokok

Rokok memang sangat susah dihindari bagi yang sudah kecanduan, efek buruk dari rokok ini memang tidak secara langsung terlihat maka dari itu banyak yang susah menghindarinya. Padahal rokok dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur karena dengan merokok tekanan darah akan meningkat dan jantung akan berdetak lebih cepat, sehingga akan membuat Anda susah tidur. 

banner smartdetox bawah baru

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual Klorofil Synergy Smart Detox

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *