Kolesterol penyakit ganas akibat pola makan yang salah

 

Kolesterol penyakit ganas akibat pola makan yang salah, Kolesterol adalah penyakit yang saat ini marak dan paling ditakuti oleh banyak orang. Sebab, penyakit itulah yang paling mudah menyebabkan berbagai risiko penyakit lain, seperti jantung dan stroke.

Kolesterol sebenarnya sudah dihasilkan dari dalam tubuh, namun juga bisa dihasilkan dari luar tubuh. Dan, perlu diketahui bahwa kolesterol dalam batas yang wajar dibutuhkan oleh tubuh sebagai prekusor bagi sintesis asam empedu (untuk mencerna lemak) dan beberapa hormon seks, seperti progesteron dan testosterone.

Adapun yang menjadi masalah adalah ketika Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol sehingga asupan kolesterol di dalam tubuh Anda menjadi bcrlebihan. Inilah yang menjadikan kolesterol bisa tumbuh menjadi penyakit ganas. Kolesterol dalam kadar berlebihan itu akhirnya menempel dan menjadi karat yang menu-tupi pembuluh darah.

Kolesterol penyakit ganas akibat pola makan yang salah

Kolesterol penyakit ganas akibat pola makan yang salah

Kolesterol melekat lapis demi lapis, yang secara perlahan bagaikan perjalanan panjang yang butuh waktu bertahun-tahun. Aliran-aliran darah pun tidak lancar melewatinya dan oksigen yang melayang-layang dalam darah semakin tidak cukup untuk metabolisme sel otot jantung.

Kolesterol merupakan jenis sterol yang secara eksternal hanya berasal dari hewan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol plasma darah, khususnya bagi penderita hiperkolestrolemia. Sementara itu, tumbuhan tidak mengandung kolesterol, tetapi mempunyai sterol lain yang disebut fitosterol.

Kolesterol sangat potensial menyebabkan arterosklerosis. Arterosklerosis mcrupakan pe-ngapuran dan penimbunan clcmen-elemen kolesterol. Proses mengerasnya pembuluh darah merupakan suatu proses yang berjalan secara perlahan, namun pasti.

Arterosklerosis inilah yang menjadi penyebab munculnya penyakit komplikasi semacam hipertensi dan jantung akibat kerusakan permukaan pembuluh nadi yang sudah menahun. Salah satu penyebab kerusakan itu ialah terpaan kontaminasi zat radikal bebas yang secara bersamaan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual proargi 9 smart detox di ngawi no hp 08174757677

Tingkat kolesterol yang paling berbahaya sekaligus menimbulkan banyak penyakit fatal dan kematian adalah kolesterol tinggi. Indikasi yang paling konkret dari kolesterol tinggi ialah adanya rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang hingga pundak, kaki bengkak, mudah capai, dan gampang mengantuk.

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penyebab utamanya adalah makanan. Tetapi, selain makanan, ternyata ada penyebab lainnya yang perlu diketahui.

1. Makanan Sehari-hari

Pada umumnya, kolesterol berasal dari lemak hewani, seperti daging kambing, meskipun tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati, misalnya santan dan minyak kelapa. Beberapa makanan yang selama ini diyakini sehat, seperti telur, juga banyak mengandung kolesterol. Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi,sehinggadisarankanuntukbijakmengonsumsi makanan sehari-hari agar tidak berlebih. Oleh karena itu, mulailah menjaga konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, contohnya daging sapi, kambing, susu, telur, mentega, dan keju.

Makanan yang mengandung minyak kelapa, minyak kelapa sawit, atau mentega juga memiliki banyak lemak jenuh. Lemak jenuh juga sering kali didapati pada makanan ringan yang mengandung margarin atau minyak goreng dan kue.

2. Berat Badan

Berat badan berlebih tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi lebih banyak efek buruk kesehatannya. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

3. Kurang Bergerak

Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Kurang bergerak dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

4. Umur dan Jenis Kelamin

Setelah mencapai usia 20 tahun, kadar kolesterol biasanya cenderung naik. Pada laki-laki, kadar kolesterol umumnya terus-menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Sementara itu, pada wanita, kadar kolesterol tinggal akan turun saat menopause, se-lanjutnya kolesterol cenderung tinggi, sebagaimana laki-laki.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual colostrum synergy di majalengka

5. Penyakit Tertentu

Boleh jadi, Anda sudah berusaha tidak mengonsumsi makanan berlemak, tetapi ternyata kolesterol masih tinggi. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes mellitus atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

6. Sejarah Keluarga

Jika salah satu anggota keluarga Anda mempunyai masalah kolesterol tinggi maka berhati-hatilah karena risiko memiliki kolesterol tinggi juga bisa terjadi pada Anda.

7. Merokok

Merokok dapat mcnurunkan kolesterol baik, sehingga yang beredar di tubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini, jika tidak dikendalikan, bisa berakibat fatal.

Nah, itulah beberapa penyebab kolesterol tinggi yang bisa saja terjadi pada Anda. Perlu diketahui pula bahwa kadar kolesterol normal ialah 160-200 mg, sedangkan kadar kolesterol tidak normal jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang juga disebabkan oleh pola makan yang salah. Risiko terburuk yang dapat ditimbulkannya adalah adanya gumpalan-gumpalan lemak yang sangat berpotensi menyumbat aliran darah sehingga bisa menimbulkan penyakit yang lebih ganas lagi, yakni jantung dan stroke. Kedua penyakit inilah yang menjadi penyebab kematian.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, sebenarnya, tanpa asupan kolesterol dari luarpun, kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik. Sebab, 80% kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati), sedangkan 20% sisanya dari makanan.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Pengidap kencing manis Perlu suplemen

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *