Kolesterol tidak tinggi tapi serangan jantung

 

Jurang kolesterol

Kolesterol tidak tinggi tapi serangan jantung. Kita hanya memerhatikan urusan kolesterol dan lemak darah lainnya, termasuk trigliserida saja bila hendak mencegah agar tidak terserang jantung koroner dan stroke. Lupa di balik serangan jantung tersimpan sejumlah faktor lainnya yang luput kita perhatikan.

Sebut saja soal peradangan atau inflamasi. Sekarang masalah peradangan mendapat perhatian lebih bila itu terjadi di dalam pembuluh darah. Dulu sudah ditemukan kalau kehadiran kuman di dalam darah sebagai salah satu pencetus terbentuknya lapisan plak pada dinding pembuluh darah, termasuk di pembuluh darah koroner. Kuman Epstein-Barr, salah satunya.

Hadirnya kuman menimbulkan reaksi peradangan pada dinding pembuluh darah, yang apabila terlepas dan luruh, itu yang menjadi salah satu faktor pencetus serangan jantung koroner. Barang tentu hal itu bukan urusan sehari dua. Lama sebelumnya reaksi peradangan sudah merongrong dinding pembuluh darah sebelum serangan jantung koroner terjadi. Kejadian serangan jantung koroner merupakan ujung dari proses peradangan yang sudah lama terjadi sebelumnya.

Kolesterol tidak tinggi tapi serangan jantung

Kolesterol tidak tinggi tapi serangan jantung

Kendati kolesterol terjaga normal, demikian pula dengan unsur lemak darah lainnya, termasuk homocytein yang tidak meninggi sebagai faktor pemburuk juga, selaman peradangan yang berlangsung tetap ada, risiko terserang jantung koroner tetap ada.

Mitos bahwa orang kurus tidak mungkin terserang jantung koroner atau stroke harus segera dihapus. Bukan karena kurusnya badan saja, maka terbebas dari ancaman serangan jantung koroner. Badan kurus belum tentu berarti lemak darahnya tidak tinggi. Khusus bagi yang turunan lemak darah tinggi, kendati berbadan kurus, tetap saja kolesterol dan trigliserida-nya bisa tinggi. Tanpa menafikan faktor peradangan, lemak darah barang tentu juga harus ditekan agar tidak menjadi salah satu kontributor terjadinya serangan jantung koroner dan atau stroke.

Baca Juga Yang satu ini ...
Mengapa ketika anak makan permen Gigi Bisa Keropos ?

Sebaliknya, belum tentu yang gemuk badannya, pasti lemak darahnya tinggi. Bisa terjadi malah di bawah normal. Tinggi tidaknya lemak darah seseorang sering lebih karena faktor “dapur” tubuhnya dalam mengolah lemak yang dikonsumsi, dan atau kelebihan karbohidrat harian dari piring makan kita. Bila bagus “dapur” tubuh, metabolisme lemak yang dikonsumsi tidak harus meninggikan lemak dalam darah.

Kenapa peradangan?

Orang dengan penyakit autoimmune, seperti rematik tipe rheumatoid arthritis (RA) lebih berisiko untuk mengalami peradangan yang lama dalam tubuhnya. Begitu juga yang mengidap penyakit lupus. Sama pula halnya mereka yang asam uratnya tinggi dan telah terbentuk batu urat. Peradangan oleh kristal urat pada persendian, dan batu urat (yang runcing) pada saluran kemih menumbuh-kan peradangan yang lama dalam tubuh juga.

Yang acap terlupakan ihwal peradangan di gigi geligi. Paling sering terjadi peradangan terkait dengan gigi. Maka erat kaitan kesehatan gigi dengan kecilnya risiko terserang jantung koroner. Mereka yang mengidap peradangan gigi periodontitis misalnya, lebih besar risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah dibanding yang gigi geliginya sehat.

Peradangan di dalam tubuh bisa tumbuh di bagian organ tubuh mana saja. Proses peradangan harus dihentikan agar tidak buruk dampaknya terhadap kemungkinan terjadinya serangan jantung koroner.

Untuk itulah peradangan yang tengah berlangsung di dalam tubuh perlu diketahui Kolesterol tidak tinggi tapi serangan jantung. Ada pemeriksaan untuk mendeteksi adanya peradangan dalam tubuh lewat pemeriksaan laboratorium darah. Dari situ akan terlihat kalau tubuh sedang mengalami proses peradangan. Tapi untuk tahu di bagian tubuh mana peradangan teijadi diperlukan pemeriksaan lanjutan.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Manfaat kesehatan dari berjalan kaki

Baca Juga Yang satu ini ...
Agar cepat Hamil Dan Usaha Apa Saja yang Sebaiknya di Lakukan untuk Mendapatkan Keturunan
banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *