Kontrasepsi Alami Atau Sistem Kalender

KONTRASEPSI

 

Kontrasepsi merupakan berbagai metode untuk mencegah kehamilan, mulai dari yang alami hingga prosedur invasif (bedah). Ada beberapa metode kontrasepsi yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua kontrasepsi bekerja mencegah pembuahan sel telur wanita oleh sel sperma pria. Ada beberapa jenis kontrasepsi yang juga menawarkan perlindungan terhadap penyakit menular seksual. Namun, efisiensi dari metode ini tergantung pada kepatuhan penggunanya dan faktor lainnya, seperti kondisi penyakit dan kondisi fisiologis pengguna kontrasepsi. Tidak ada metode yang dianggap 100% efektif, selain dari pantang bersenggama (abstinensia).

Pilihan alat kontrasepsi

Metode Kontrasepsi Reversibel

> Metode Keluarga Berencana Alami tidak menggunakan alat atau hormon, namun mengandalkan perubahan dalam tubuh wanita, diantaranya suhu tubuh, karakteristik lendir leher rahim dan siklus menstruasi untuk menilai kesuburan. Metode mi termasuk metode suhu basal tubuh, metode kalender dan metode lendir serviks Metode Kontrasepsi Barrier bertujuan mencegah terjadinya pembuahan dengan cara menghasilkan suatu penghalang sehingga sel sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur. Contohnya: kondom, pesarium (kondom wanita), spermisida.

> Metode Kontrasepsi Hormonal menggunakan hormon estrogen dan/atau progesteron. Hormon-hormon yang terkandung dalam pil kontrasepsi bekerja untuk mencegah ovulasi dan menebalkan lapisan dinding rahim sehingga tidak dapat terjadi pembuahan. Yang termasuk kontrasepsi hormonal, antara lain:

Kontrasepsi oral (Pil KB)

  1.  Kontrasepsi oral dapat mengandung satu macam hormon, yaitu estrogen atau progestogen atau 2 macam hormon sekaligus (kombinasi estrogen dan progestogen).
  2.  Kontrasepsi yang hanya mengandung progestogen dapat digunakan oleh ibu menyusui.
  3.  Kontrasepsi oral perlu dikonsumsi secara teratur setiap hari.
  4. Metode ini tidak dianjurkan bagi wanita yang merokok atau memiliki faktor risiko lainnya. seperti riwayat kanker payudara, gangguan pembekuan darah.

Kontrasepsi suntik (Suntik KB)

  1. 1.      Seperti halnya dengan kontrasepsi oral, kontrasepsi suntik mengandung satu macam hormon atau kombinasi 2 macam hormon. KB suntik diberikan melalui injeksi ke dalam otot, guna menghasilkan efek kontrasepsi dalam waktu lama 1-3 bulan.

Implan (susuk KB)

  1. Kontrasepsi ini berbentuk silinder kecil yang terbuat dari bahan silicon dan mengandung hormon. Implan ditanam di bawah kulit lengan atas melalui operasi kecil dan dapat menghasilkan efek kontrasepsi (mencegah kehamilan) selama 5 tahun.

Metode Kontrasepsi Non Barrier

Contohnya yaitu Alat Kontrasepsi Dalam Rahim/AKDR yang lebih dikenal dengan nama spiral KB atau IUD. Alat kontrasepsi ini berbentuk huruf “S” atau’T’ yang terbuat dari plastik dan beberapa jenis diantaranya dilapisi tembaga. Pemasangan IUD di dalam rahim harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang telah terlatih.

> Metode Kontrasepsi Mantap (Kontap) adalah metode kontrasepsi yang aman, permanen dan sangat efektif. Metode ini cocok untuk pasangan yang tidak berniat untuk hamil lagi. Contohnya: tubektomi (mengikat, menyumbat atau memotong saluran indung telur untuk mencegah telur dibuahi oleh sperma), dan vasektomi (memotong vas deferens, yaitu saluran yang menyalurkan sperma laki-laki dari skrotum ke uretra, sehingga mencegah pengeluaran sperma).

Apa yang dapat Anda lakukan

Mintalah saran kepada dokter mengenai jenis kontrasepsi yang tepat untuk Anda, dan diskusikan dengan pasangan Anda hal-hal yang perlu diketahui sebagai berikut:

> Apakah kontrasepsi tersebut cocok dengan gaya hidup Anda?

> Seberapa jauh tujuan Anda untuk mencegah kehamilan?

> Apakah metode kontrasepsi tersebut dapat mencegah kehamilan dalam kurun waktu tertentu saja atau selamanya?

> Berapa lam.i efek pencegahan kehamilan yang dihasilkan oleh metode kontrasepsi?

> Apakah kontrasepsi tersebut melindungi terhadap infeksi penyakit kelamin/penyakit menular seksual (PMS)?

> Seberapa amankah?

> Apakah harga kontrasepsi tersebut terjangkau?

> Apa efek sampingnya, jika ada?

Apa yang dapat Dokter lakukan

> Membantu menentukan metode kontrasepsi yang cocok untuk Anda dan mendiskusikan hal-hal penting dari metode kontrasepsi yang Anda gunakan.

> Memberikan saran kepada Anda mengenai penggunaan alat kontrasepsi yang tepat, menjelaskan mengenai efek samping yang mungkin muncul dan seberapa besar kemungkinan terjadinya kehamilan meskipun telah menggunakan kontrasepsi.

Kesimpulan
Kontrasepsi ada efek samping nya juga, maka tanyakan terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

Kontrasepsi Alami Atau Sistem Kalender

Kontrasepsi Alami Atau Sistem Kalender

Sumber : HEALTH GUIDE MAGAZINE
Artikel Lainnya : Makan Kacang Sambil Mengemudi