Kosmetik Palsu

Kosmetik Berbahaya Marak di Pasaran

Sekretarls Dtnas Kesehatan Kota Bogor drg Dede Rukasa mengatakan bahwa peredaran kosmetik yang mengandung bahan berbahaya makln marak di pasaran.

Berdasarkan hasil razia selama ini, dia menyimpulkan peredaran barang-barang berbahaya tersebut semakin meningkat akhir-akhir ini. Bahkan. beberapa produk dengan kandungan formalin, mercuri, dan hidrokinon cenderung diperdagangkan keinbali dengan merek dan kemasan yang berbeda.

“Itu yang perlu diwaspadal, sebab, bulan ini dirazia. besoknya batangnya ada lagi dengan kemasan dan merek berbeda.” ujar

Piada beberapa kemasan juga tertulisjika produk tersebut aman. Namun, ketika diuji laborium didapatkan kandungan baliaii berbahaya yang dllarang digunakan.

Untuk itu. pihaknya mengimbau kepada orangtua dan masyarakat untuk berhati-hati memilih makanan atau jajanan maupun kosmetik yang banyak beredar di pasaran. Sebab. berdasarkan temuan banyak juga jajanan anak yang dipeijualbelikan di sekitar sekolah pun mengandung bahan berbahaya seperti boraks. formalin, dan rhodamin B.

Dede menjelaskan, sosialisasi juga terus dilakukan baik oleh Dinas Kesehatan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan. maupun Dinas Pertanlan Kota Bogor.

“Sebab. tren menunjukkan peredaran bahan berbahaya itu marak. misalnya men jelang Lebaran. Tahun Baru atau perayaan hari besar lainnya.” katanya.

Seperti diketahui Dinas Kesehatan Kota Bogor memusnahkan puluhan jenis kosfflt tik berbahaya yang beratnya mencapai 100 kilogram, kemarin pagi. Jumlah ini belum termasuk sejumlah bahan pangan lainnya yang juga mengandung bahan berbahaya. seperti bakso dan tahu yang mengandung formalin.

Dede menuturkan. pemusnahan bahan-bahan berbahaya ini harus dilakukan dengan teknik khusus. “Barang-barang yang kami stta ini mengandung bahan kiinia berbahaya sehingga tidak bisa dimusnahkan begitu saja. Kaluu euma dibakar begitu saja atau dibuang begitu saja dikhawatirfcan akan merusak lingkungan. Makanya kita ,verusahaan lain untuk memusnahkannya.” ujtnrnya.

Dede menjelaskan beberapa barang yang dimusnahkan di antaranya borak, berbagai merek dan kemasan. cat rambut, lipstik. pemutih wajah. sabun kecantikan. dan kerupuk. Barang-barang tersebut merupakan hasil sitaan selama dua tahun terakhir ini.

Kesimpulan
Kosmetik Berbahaya Marak di Pasaran. Berhati-hatilah dan selalu teliti dalam memilih & membeli produk kosmetik atau apapun diPasaran.


Kosmetik Berbahaya Marak di Pasaran

Kosmetik Berbahaya Marak di Pasaran

 

 

Sumber : Kecantikan & Kesehatan Alternatif
Artikel Lainnya : JANGAN DIET SEMBARANGAN!

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *