Kumpulan Pertanyaan Tentang Makanan

Bolehkah Saya Sering Makan daging Sapi ?

 Rawon, Soto Makasar, Soto Madura, Steak Tenderloin, Bakso ……

Siapa yang tidak tahu jenis makanan diatas ? Setiap daerah di Indonesia punya versi yang berbeda tetapi bahan dasarnya sama. Daging sapi sangat digemari di setiap bagian di negara kita, bahkan resto Steak tumbuh berjamur. Bahan pangan apapun sudah menjadi olahan makanan pun memang luar biasa, dengan tekstur daging yang khas dan kandungan gizi yang tidak tertandingi.

Kandungan Setiap 100 gr Daging Sapi antara lain :

  1. 207 kkcl kalori
  2. 18,8 gr Protein
  3. 14,0 gr Lemak
  4. 11 mg Kalsium
  5. 170 mg Fosfor
  6. 2,8 mg Besi

 

TIPS : Pilih bagian yang tanpa Lemak, hindari masakan berkaldu, kalau harus makanan itu jangan pernah tambah kaldunya. Waktu terbaik adalah siang hari.

 

Berbahayakah Kalau Saya Suka Sate Kambing ?

Pria mana yang tidak suka dengan olahan ini? Selama tidak dilarang dokter, biasanya para pria suka dan familiar dengan masakan ini. Ste kambing ada di setiap daerah. Sebagai Trainer  kesehatan nasional, saya sudah berkeliling mengajar dari Sumatera sampai tanah Papua, semua mengenal masakan olahan dari daging kambing ini. Makan penunjangnya biasa berbentuk kaldu, dari kari kambing, gulai kambing, kambing oven, sampai tengkleng. Satenya sendiri bervariasi, dari sate berlemak, tanpa lemak, sate jeroan, sampai sate buntel.

TIPS : Makan daging kambing dalam bentuk sate lebih baik daripada dalam bentuk kaldu, seperti kari kambing, gulai kambing, tengkleng, dan lain-lain. Karena Anda dapat  melihat jumlahnya, lalu memperkirakan porsinya dalam bentuk batang.
Pesanlah selalu sate kambing tanpa lemak dan tanpa jeroan. Kalu Anda makan tanpa gulai kambing. Anda boleh makan 10 tusuk, itu pun dengan catatan kolesterol Anda tidak sedang tinggi. Kalau Anda tambah gulai, pastikan untuk berdua, lalu sate kambingnya cukup 5 tusuk.

Bolehkah Saya Makan daging Babi ?

Hal ini menjadi masalah ketika beberapa orang menganggap bahwa makan babi itu segalanya, makan babi bisa bikin pandai dan cerdas, bahkan didaerah tertentu, makan babi bisa menolak ilmu hitam. Di daerah Papua, makan babi menjadi kebanggan sendiri, karena menunjukan derajat keluarga. Jadi tiada pesta, tanpa makan olaan daging babi.

Di beberapa daerah, babi tidak dikonsumsi dengan alasan tidak layak dimakan, tetapi di daerah tertentu babi menjadi olahan masakan yang mahal. Sebenarnya, kandungan apa yang membuat beberapa daerah menolaknya? Anda bisa baca buku SEHAT ITU PILIHAN, di buku tersebut menjelaskan dengan alasan ilmiah mengapa tidak disarankan mengkonsumsinya. Singkatnya, saya menjelaskan babi tidak termasuk binatang memamah biak sehingga perutnya hanya satu, tidak seperti sapi yang memiliki empat perut (ruminansia, sehingga bisa 4x menyaring racun). Walaupun masalah cacing pita masih diperdebatkan, sebenarnya masalah toksin dan virus yang dikandung menurut saya lebih harus dibahas.

Dimask apapun, daging babi kurang sehat. Jadi permasalahnya, bukan membuat Anda meninggal atau tidak. Secara tampak mata, daging babi tidak menyebabkan kematian, jadi tidak perlu diperdebatkan ke arah mati atau tidak, karena merokok pun tidak membunuh Anda ( hanya merusak paru-paru Anda). Jadi Kita ahrus lebih memaksimalkan hidup kita, dari pada memperdebatkan hal yang tidak ilmiah

TIPS : Kalau Anda ingin makan, jangan pernah sekali-kali memperkenalkannya pada Putra dan putri Anda (kalau Anda sayang anak-anak Anda). Alasasn utama adalah babi kurang bersih secara kesehatan (karena tidak memamah biak).

Bagaimana dengan Daging Ayam ?

Hampir semua orang dari nsegala kalangan menyukai ayam goreng, mulai dari ayam Fast Food sampai ayam goreng kampung. Beberapa orang lebih suka ayam rebus, dari ayam pop di rumah makan Pdang sampai Hainan di Chinese Restaurant.

Ada  2 jenis ayam yang dikenal , yaitu ayam kampung dan ayam negeri. Ada 2 jenis bentuk, yang satu agak kurus (ayam kampung), yang satu agak gemuk (ayam negeri). Secara teori, lebih bagus yang ayam kampung karena diberikan makanan secara alami.

TIPS : Bagian yang tidak disarankan adalah bagian leher dan kepalanya. Bagian dada adalah yang terbaik, terutama bagi Anda yang melakukan diet menurunkan berat badan. Bagian paha bisa menjadi alernatif pilihan bagi yang mengolah penyerapan bumbu.

Mitos yang menyebutkan bahwa dengan makan kaki ayam, kaki anak kita menjadi lebih kuat adalah mitos keliru. Kaki anak Anda kuat karena kalsium dan Glucosamine. Unttuk yang memiliki kadar kolesterol tinggi, hindari masakan dengan kaldu bersantan, seperti gulai atau kari ayam.

Kurangi penggunaan kaldu ayam untuk masakan, saya lebih menyarankan untuk memakai tulang ayam untuk membuat kaldu. Bagi Anda yang alergi, berhenti makan ayam sementara dan konsultasikan dengan dokter.

 

Bahayakah Daging Bebek ?

Bebek adalah spesies burung dalam keluarga Anatidae, dengan rasa gurihnyang tidak perlu ditanya. Beberapa orang mulai takut makan bebek karena Mitos yang beredar dan pengetahuan yang tidak tepat yang mereka serap.

Seberapa Baikkah makan Ikan untuk Anak Saya ?

Semua artikel kesehatan selalu membicarakan bahan pangan yang satu ini. Seakan-akan ahli gizi tidak mampu memisahkan antara hidup sehat dan ikan. Tetapi dilain pihak banyak yang tidak suka ikan karena alergi bahkan karena trauma dimas kecil pernah tertelan duri ikan.

TIPS : Kandungan Omega 3 di ikan baik buat anak Anda. Bahkan ikan bisa mencegah kepikunan dan stroke, serta menyembuhkan darah tinggi Anda. Pastikan konsumsi ikan besisik dan bersirip. Ikan perairan dalam bagus. Makan ikan tiga sampai empat kali seminggu bagus untuk kesehatan Anda sekeluarga.

 

Sumber : Sehat Tanpa Repot ( Yohanes Sunardi )

Read Another Articles :
IMUNISASI

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *