Lebih Tertarik Terhadap Label Makanan

 

Bisa jadi, Anda tidak menyadari telah melakukan kesalahan lantaran Anda lebih tertarik terhadap label dan tidak curiga terhadap isinya. Padahal, label ini belum tentu mencerminkan kualitas makanan. Boleh jadi, label tertentu justru menimbulkan masalah terkait isi dari label tersebut. Sebab, label makanan tidak selamanya menampilkan kualitas makanan yang benar-benar sehat dan bersih. Anehnya, ketika Anda tertarik terhadap label makanan, Anda justru tidak memperhatikan label makanan yang berhubungan dengan komposisi, tanggal kedaluwarsa, dan lain-lain. Pada umumnya, Anda hanya melihat nama dan cara penggunaannya untuk dikonsumsi.

Anda mungkin pernah terjebak mcnggunakan makanan organik karena labelnya. Hal ini dikarenakan Anda mengira bahwa organik berarti mengandung sedikit kalori sehingga tak masalah jika makan dengan porsi lebih banyak. Terkait ini, perlu diketahui bahwa berbagai hasil penelitian juga menunjukkan label makanan sering kali menimbulkan salah paham.

Lebih Tertarik Terhadap Label Makanan

Lebih Tertarik Terhadap Label Makanan

Sebagai contoh, label low fat dianggap mengandung sedikit kalori, sedangkan makanan berlabel low cholesterol diyakini mengandung sedikit lemak. Makanan berlabel organik pun dianggap sebagai makanan sehat yang rendah kalori, padahal faktanya tidak demikian. Label makanan terdiri atas beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai sarana untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tanggal Kedaluwarsa (Expired Date)

Tanggal kedaluwarsa memuat tanggal dan masa suatu makanan tidak boleh lagi dikonsumsi.

2. Nama Produk (Product Name)

Biasanya, nama produk diposisikan di dekat atau bawah nama barang maupun nama dagang suatu makanan, yang menerangkan jenis makanan yang sebenamya.

3. Daftar Isi yang Terkandung (Ingredients)

Daftar isi ini memuat daftar makanan yang terkandung dalam suatu produk makanan, yang biasanya ditulis secara berurutan, mulai dari yang terbanyak (dalam g) sampai yang paling scdikit.

4. DaftarKadarNutrisi(Nutrition Information Panel)

Daftar ini memuat kadar berbagai nutrisi dalam suatu produk makanan.

Label-label itu seharusnya diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang yang abai untuk memeriksa label-label tersebut. Akibatnya, mereka tidak tahu mengenai batas kedaluwarsa suatu produk, komposisi yang terkandung di dalamnya, dan lain-lain.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Detoks dengan Cara Ekstrem

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *