LEMAK TRANS

Lemak Trans atau tram fat (TFFA = Trans Fatty Acid) biasa disebut tuga dengan minyak nabati terhidrogenasi parsial dan disempurnakan (deodorized dan bleached). Lemak jenis itu tidak k aman dikonsumsi tubuh, meski dalam kadar sedikit sekalipun Konsumsi sebanyak 2—3 gram lemak trans akan meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung koroner sebanyak 21%. Sebagai informasi, sebagian besar makanan yang dituai di restwan sepat sap mengandung 3 gram lemak trans. Contoh makanan yang mengandung lemak irans yaitu semua makanan yang digoreng (Deep Fried), kerupuk, biskuit, margarin, chips (keripik), crakers dll.

Alasan banyak perusahaan menggunakan minyak yang terhidrogenasi:

• Murah

• Tidak berbau dan berasa

•  Memiliki umur panjang likd digunakan untuk menggoreng akan membuat makanan menjadi lebih renyah. Minyak itu juga bisa digunakan berkali-kali

Minyak, Kacang kacangan, dan Biii-biiian

Selama bertahun-tahun, ahli gizi dan dokter tdah mengatakan bahwa diet rendah lemak adalah kunci untuk menurunkan berat badan, mengelola kolesterol, dan mcncvgah timbulnya masalah kesehatan. Sesungguhnya yang lebth penting unluk diketahui bukanlah jumlah banyaknya lemak yang masuk ke dalam tubuh, melainkan Jenis lemak yang kita makan. Komumii lemak jahat memang akan meningkatkan risiko terhadap beberapa penyakit tertentu, sedangkan lemak baik justru dapat melindungi kita dari penyakit penyakit tersebut. Konsumsi lemak baik yang cukup akan mendukung tersipunya kfselutan secara menyeluruh.

Ambil contoh lemak baik omega-3 yang terbukti penting untuk meniaga kesehatan fisik dan emosional. Unsur itu ternyata memainkan peranan besar dalam membantu kita mengelola suasana hati. melawan kelelahan, serta mengendalikan berat badan. Maka itu. sava merasa penting sekali bagi kita semua untuk mulai memperhatikan makanan dikonsumsi dan bcla»ar membuat pilihan yang sehat. Salah vitunya dengan memilih atupan lemak baik dan menghindari lemak jahat.

Jenis lemak yang baik bagi kesehatan:

Lemak tak jenuh tunggal (ntomumuituratai fully mi.I atau MU FA).

Lemak itu ditemukan dalam berbagai makanan dan minyak. Studi menunjukkan bahwa kandungan lemak itu dapat meningkatkan kadar kolesterol haik di dalam darah dan memurnikan risiko penyakit Jantung. Selain itu. M UFA juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga haik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Contoh minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yaitu minyak canola. minyak zaitun, minyak safflower. dan minyak lagung.

Lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid atau l’UFA).

Asam lemak esensial itu tidak diproduksi oleh tuhuh dan banyak tewUput pada makanan nabati, hewani, dan minyak. Manfaatnya kurang lebih sama dengan MUI’A. Salah satu yang termasuk jenis lemak tak jenuh ganda yaitu asam lemak omega-3, yang diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, di antaranya mencegah penyakit jantung koroner. Sumber terbaik asam lemak omega-3 yaitu ikan laut seperti salmon, tuna, dan makarcl.

Jenis lemak yang berbahaya bagi kesehatan:

Lemak jenuh (saturated fat), lemak Itu berasal dari sumber makanan hewani.

Konsumsi lemak jenuh akan menaikkan kadar kolesterol darah total dan LDL {low-density lipoprotein) atau “kolesterol jahat”, sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Lemak jenis itu terdapat pada daging, produk yang berbahan baku susu. margarin, kue. biskuit, pastry, dan masih banyak lagi lainnya. Lever membutuhkan waktu cukup lama untuk mengolah lemak. Proses itu hampir sama lamanya dengan saat lever memproses toksin. Selain itu. keberadaan lemak jahat di dalam tubuh juga dapat meningkatkan jumlah radikal bebas.

Lemak trans (trans fat). Lemak itu dikenal juga sebagai lemak sintetis.

Kebanyakan terbentuk dalam proses pengolahan makanan melalui hidrogenasi parsial dari lemak tak jenuh. Proses hidrogenasi itu menciptakan lemak yang lebih mudah digunakan untuk memasak dan tak mudah rusak dibandingkan minyak alami. Namun, studi menunjukkan bahwa konsumsi lemak trans dapat meningkatkan kadar I.DI. dan menurunkan H DI. Ough-datsity lipoprotein) atau “kolesterol baik”.

KESIMPULAN
Lemak Trans
atau tram fat (TFFA = Trans Fatty Acid) biasa disebut tuga dengan minyak nabati terhidrogenasi parsial dan disempurnakan (deodorized dan bleached). Kenali Jenis Lemak yang baik & Buruk Bagi kesehatan Anda.

SUMBER                                              : THE DETOX LIFESTYLE  “Natural Ways To Be Healthy”

Lihat Artikel Lainnya                       : Multiple Sclerosis dan Penyakit Autoimun Lainnya

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *