LIMPA Pada Manusia

LIMPA

Tubuh kita dibangun dari kulit, daging, air. dan sistem limfatik. Selain berperan sebagai stasiun pembuangan toksin dari semua jaringan tubuh, sistem limpatik juga merupakan sumber penyimpanan dari sel-sel kekebalan tubuh, seperti limfosit. Selain itu limpa juga merupakan sumber dari substansi yang berguna untuk membasmi organisme berbahaya sekaligus mengisolasi dan menetralkan racun.

Sistem limtatik adalah suatu sirkulasi yang  terdiri dari jaringan organ, nodus getah bening, kelenjar getah bening, dan pembuluh limfatik yang akan mengalirkan getah bening. Cairan getah bening akan bersirkulasi di dalam pembuluh limfatik membawa sel darah putih ke seluruh tubuh. Sistem itu merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia dan memiliki peranan penting dalam melawan infeksi serta berbagai jenis penyakit.

Kelenjar limfatik kita bekerja seperti wastafel. Kita alirkan air dan kita sumbat lubang pengeluarannya, maka wastafel akan penuh oleh air. Bila kita buka sumbatannya seketika air akan mengalir dengan lancar hingga habis dan tanpa meninggalkan sisa. Namun, bayangkan jika air yang kita alirkan sangat kotor dengan berbagai sampah dan sisa-sisa makanan, otomatis aliran air akan menjadi terhambat dan akhirnya tersumbat.

Sistem limfatik kurang lebih bekerja hampir serupa. Akibatnya akan menimbulkan gangguan kesehatan yang iauh lebih serius, seperti serangan jantung, arthitis. hingga kanker. Sistem kekebalan tubuh, pusat pengendalian tubuh dari berbagai penyakit, adalah tempat sistem limlatik sangat memegang peranan penting, beker ia melawan patogen dan antigen. Sistem limlatik kita bertugas memproses toksin dan zat-zat asing dan membuangnya ke lever atau ginjal.

Untuk memproses toksin dan zat-zat asing ilit. kelenjar limlatik kita mengeluarkan sel-sel kekebalan tubuh yang kemudian diedarkan ke sistem kekebalan tubuh kita. Namun, jika sistem limfatik kita macet, responnya dalam menghadapi toksin dan zat-zat asing otomatis akan lambat, akibatnya toksin dan zat-zat asing itu akan tinggal di laringan tubuh kita. menimbulkan berbagai respon yang hiperaktif dari laringan tubuh dan pada akhirnya menimbulkan kerusakan.

Dari sinilah mulai muncul berbagai penyakit seperti hipertensi. arlerosklerosis, kolesterol, arthritis, dan kanker. Setiap orang memiliki batasan level tertentu dalam menoleransi toksin. Itulah sebabnya sangatlah penting iika kita secara periodik mendetoks sistem limlatik. 1 itik titik penting/lymph nodes dari kelenjar liflatik kita terdapat di bagian leher, ketiak, perut, dan selungkangan.

Ada dua faktor penting dalam menjaga sistem limtatik yang sehat: pijat dan mengurangi stres. Pnat limlatik (lymphatic mintage) adalah suatu teknik memijat khusus untuk merangsang sistem limlatik dan sirkulasi darah guna meningkatkan pembuangan racun dari dalam tubuh dan mendukung terciptanya kekebalan tubuh yang kuat.

Fakta tentang Kolon

• American Corner Society menyatakan bahwa meningkatnya angka kanker usus disebabkan oleh: pestisida dan herbisida yang disemprotkan pada tumbuhan polusi karsinogenik atau zat pemicu kanker pada udara dan air minum hormon dan antibiotik yang diberikan kepada hewan

• USA Today 22 September 1993

– Tercatat 940.000 orang sakit akibat air yang terkontaminasi. 900 di antaranya meninggal dunia Irihalomethancs (klorin) menyebabkan 10.700 kasus kanker dubur dan kandung kemih setiap tahun

– Pada 1991 dan 1992. lebih dari 120 juta orang terkontaminasi karena air minum. Dari angka itu sekitar 15,2-juta orang terinfeksi bakteri dan patogen di minumannya pembersihan dinding kolon secara teratur dapat meminimalkan eksposur dari substansi karsinogen (zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan kanker). ***

Pijat limfalik dilakukan dengan cara nu-nekan secara lembut bagian tubuh yang merupakan jalur sistem limfatik (leher, ketiak, paha, lutut, betis, pergelangan kaki, dan telapak kaki). Pijatan dilakukan dengan gerakan mendorong, memutar, atau cukup ditekan dan ditahan selama beberapa detik lalu dilepas. Piiat limfatik sebaiknya dilakukan oleh praktisi yang memiliki pemahaman khusus mengenai sistem limfatik.

Selain membantu merelaksasi otot otot yang tegang, pijat limlatik juga membantu semua sistem tubuh termasuk sistem limfatik untuk bersirkulasi secara optimal, lalu membuang asam laktat dan toksin lainnya dari jaringan tubuh.

Pijatan lembut dari lympluttic massage mungkin membuat ragu Anda yang terbiasa dengan pijatan tradisional yang lebih mempunyai tekanan. Padahal, dengan gaya pijatan yang lembut itu bukan berarti lymphatic massage tidak memiliki keuntungan terhadap kesehatan. Selain melancarkan sirkulasi tubuh dan sistem kekebalan, lymphatic massage juga memiliki etek merelaksasi sistem saraf sekaligus berkemampuan untuk mengatasi rasa sakit.

Selain menstimulasi kulit dan pembaharuan jaringan tubuh, pijat limlatik juga dapat meregenerasi lapisan epidermis dan jaringan ikat. Jika Anda menjaga sistem limfatik dengan baik. maka 70% dari penyakit akan hilang.

Berkeringat mengeluarkan sekitar 450 g toksin dari darah setiap hari.

 

LIMPA Pada Manusia

LIMPA Pada Manusia

KESIMPULAN
Limpa Pada Manusia, Sistem limtatik adalah suatu sirkulasi yang  terdiri dari jaringan organ, nodus getah bening, kelenjar getah bening, dan pembuluh limfatik yang akan mengalirkan getah bening

 

SUMBER                                        :                 THE DETOX LIFESTYLE
“Natural Ways To Be Healthy”
LIHAT ARTIKEL LAINNYA  : Pentingnya Serat

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *