LUKA SAYAT & LUKA LECET

Penanganan Luka Sayat & Luka Bakar

Luka sayat merupakan luka akibat sayatan yang terjadi pada kulit yang bersih/steril. Luka sayat kecil (minor) hanya merusak kulit dan jaringan lemak di bawahnya. Jenis luka mi biasanya akan sembuh tanpa meninggalkan kerusakan permanen Luka sayat yang lebih serius dapat menyebabkan kerusakan otot, urat otot, pembulllh darah, ligamen (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang) atau saraf. Luka sayat yang parah harus dibawa ke dokter untuk diperiksa dan ditangani secara tepat.

Luka gores atau luka lecet terjadi jika satu atau beberapa lapisan kulit mengalami robekan atau goresan. Luka jenis ini Penyebabkan kerusakan pada lapisan kulit bagian atas. Jika mengenai lapisan yang lebih dalam, dapat disertai perdarahan tetapi luka tidak terbuka menganga. Luka jenis ini biasanya disebabkan karena jatuh pada bagian tangan, lutut atau siku yang mengen,ai uijjiwg santf yang menghantarkan geiombang nyeri ke otak. Luka lecet dapat menye«rang beberapa ujung saraf sehingga biasanya lebilh nyeri dari luka sayat.

Luka lecet seimg terjadi, sering dianggap tidak penting dan biasanya diobati sendiri di rumah. Namun jika sampai terjadu infeksi, Anda harus berobat ke dokter. Infeksi dapat terjadi jika kulit terkelupas.

Komplikasi

> Perdarahan hebat (jika kerusakan mengenai pembuluh darah arteri atau vena besar).

> Infeksi, ditandai dengan demam, peradangan, nyeri yang bertambah Itefcart dan pembentukan nanah.

> Tetanus akibat luka yang terinfeksi oleh bakteri tetanus

> Rabies: infeksi virus akut akibat gigitan hewan menderita rabies yang menderita rabies

Apa yang dapat Anda Lakukan

> Hentikan perdarahan. Bersihkan area yang terluka dengan sabun dan air. Tekan agak keras untuk merglteiifiHam perdarahan. Tetap ditekan bahkan kftika Anda imengganti perban. Tumpuk perban y*ng baru diatas perban yang lama. Jika perdarahm cukup b.anyak, angkat luka sampai posisinya berada diartas jantung. Jika darah mengucur dari luka atau jika perdarahan tidak berhent setelah dite>kan selama 10 menit, segera hubunji dokter.

> Bersihkan luka. Guci dengan sabun dan air. Guyur luka dengan air mengalir agar kotoran-kotoran yang meneimpcl terbilas. Pastikan tidak ada kotcran, pecahan k.aca atau benda asing lainnya di dalan luka. Hindarn pemakaian hidrogen peroksida, meikurokrom. Zat-zat tersebut bisa menambah ras» nyeri dan memperlambat pemulihan Jika luka sangat kotor, atau Anda tidak dapat membuang senua kotoran dalam luka, hubungi dokter.

> Balut luka. Balutlah luka jika ujung luka cenderunq menganga dan lukanya tdak terlalu dalam. Gunakan perban, kasa steril atau perban dengan perekat untuk menyatukan dan mempermudah luka. Rekatkan perban secara menyilang aga ujung-ujung luka menyatu dan mempermudal pemuliharin. Luka yang basah pulih lebih cepat dan I’bih sedikkit meninggalkan parut dibandingkan lukakering.

Apa yang dapat Dokter hkukam

> Menutup luka yang terbuka dengan mmjah.t rtJan menutupnya dengan perban.

> Meresepkan antib.otik jika terjadi infeks. .

> Memberikan suntikan anti tetanus, jika perlu.

 

KESIMPULAN

Luka sayat & Luka Lecet, Jangan dibiarkan begitu saja atau jangan tidak digubris. Bersihkan area yang terluka dengan sabun dan air.

Luka Sayat & Luka Lecet

Luka Sayat & Luka Lecet

Sumber : HEALTH GUIDE
Artikel Lainnya : LUKA BAKAR

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *