MAKANAN DIABETES MELLITUS

 

Diabetes melitus merupakan sebuah penyakit kelebihan kadar gula dalam tubuh atau juga di Indonesia lebih dikenal dengan penyakit kencing manis. Sebenarnya penyakit ini sudah dikenal di negara Mesir pada tahun 1552 sebelum masehi. Penemu penyakit ini adalah Aretaeus pada tahun 200 sebelum masehi yang kemudian diberi nama diabetes mellitus, arti diabetes adalah mengalir terus dan mellitus berarti manis. Jadi para penderita diabetes melitus akan mengalami peningkatan kadar gula dalam darah dan juga kencingnya menjadi manis.

Dewasa ini banyak kejadian tentang penyakit diabetes. Penyakit ini tidak hanya menyerang para orang tua, tetapi juga para dewasa muda dan para remaja. Di Indonesia sendiri penderita penyakit ini diperkirakan pada tahun 2025 jumlah penderita menjadi 20 juta orang. Luar biasa banyak kan!!

Gejala orang yang terkena penyakit ini adalah: sering minum karena penderita terus merasa haus, penurunan berat badan, banyak makan karena terus merasa lapar. Untuk gejala kronis sendiri seperti: cepat lelah, kram dan gatal, kulit terasa tebal, kulit terasa panas dan kesemutan.

Makanan diabetas mellitus

Makanan diabetas mellitus

Anjuran untuk makan pada penderita diabetes sebenarnya sama dengan anjuran makan sehat pada umumnya. Sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan menu yang seimbang dan sesuaikan juga dengan kebutuhan energi masing-masing. Menu seimbang sendiri merupakan makanan yang mengandung sember zat pembangun, sumber zat tenaga dan sember zat pengatur.

untuk jenis makanan yang tidak dianjurkan adalah :

  • Makanan yang mengandung gula sederhana. Contohnya: gula jawa, gula pasir, madu, selai, susu kental manis, manisan buah, es krim, soft drink, kue-kue manis, dodol, roti dan  tarcis.
  • Makanan yang tinggi kandungan lemaknya. Contohnya:  abon, susu full cream, keju, santan kental dan lemak hewan.
  • Bumbu dapur seperti: kecap manis, penyedap, saus tomat dan terasi
  • Buah-buahan golongan A seperti: nanas, pisang, rambutan, duku, sawo, durian, sirsak, tanduk, anggur, pisang raja dan nangka.
Baca Juga Yang satu ini ...
MAKANAN DIET DIABETES MELLITUS

Untuk makanan yang dianjurkan adalah:

1.Perbanyak Minum Air Putih

Meminum air putih sangat bermanfaat buat tubuh, karena dapat melarutkan racun-racun yang ada di dalam tubuh anda. Anda juga harus menghindari minuman yang bersoda dan manis, karena hal ini akan sangat rawan dan akan berdampak negatif untuk kesehatan anda.

2. Perbanyak makan Sayuran

Bagi para penderita Diabetes melitus dapat memperbanyak mengkonsumsi sayuran setiap harinya, karena manfaatnya sangat baik untuk tubuh mereka. Karena juga sayuran dapat berfungsi untuk mengontrol tubuh dengan serat yang bisa mengikat karbohidrat yang nantinya untuk diabetes. Sayuran merupakan banyak mengandung sumber serat yaitu vitamin dan mineral. Sayuran yang sangat dianjurkan adalah brokoli, buncis, bayam, kubis, tomat, paprika dan wortel.

3.Perbanyak Makan Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik buat tubuh anda karena mengandung banyak serat dan juga mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh anda.

4.Batasi Karbohidrat

Anda juga harus menjaga dan membatasi asupan karbohidrat ke dalam tubuh anda. Contohnya permen, beras putih, gula , roti putih, atau makanan yang mengandung glukosa dan sukrosa.

5. Makan Sedikit Lemak

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti daging pun dapat dilakukan penderita diabetes. Pada saat mengkonsumsi daging cobalah untuk makan daging dengan kandungan lemak sedikit seperti: ikan, ayam, dan daging kalkun tanpa kulit atau juga daging tanpa lemak.

6.Minum Susu Rendah Lemak

Elemen-elemen yang berada di dalam tubuh juga membutuhkan asupan susu. Ada juga susu yang baik untuk tubuh anda yaitu susu yang bebas lemak seperti yogurt dan susu yang rendah lemak.

Semoga penyakit diabetes anda segera tertangani!!!!

Kunjungi toko herbal online 24 jam klik www.sehatmilan.com

Baca Juga Yang satu ini ...
MAKANAN DIET DIABETES MELLITUS

Baca artikel manarik lainnya : Makanan diet kolesterol

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *