MAKANAN DIET DIABETES MELLITUS

 

Pasti anda semua pernah mendengar dengan Penyakit Diabetes Melitus kan. Diabetes Melitus sendiri merupakan suatu penyakit dimana kadar gula di dalam darah tinggi, ini disebabkan karena tubuh tidak dapat mengeluarkannya atau hanya menggunakan insulin secara cukup.

 

Pankreas lah yang berfungsi untuk melepaskan hormon Insulin, dan juga bertanggung jawab dalam hal mempertahankan kadar gula darah supaya normal. Hormon Insulin akan menyuplai gula ke dalam sel-sel tubuh anda, sehingga anda dapat  memiliki energi dan juga dapat disimpan sebagai cadangan energi untuk anda.

 

Untuk makan sendiri para penderita Diabetes sangat dibatasi, karena tidak boleh memakan makanan yang mengandung kadar gula yang terlalu banyak. Dibawah ini adalah makanan yang dianjurkan untuk diet dari para penderita Diabetes Melitus.

 

Makanan diet diabetes melitus

Makanan diet diabetes melitus

  • Ikan Salmon , Ikan ini banyak mengandung asam lemak omega-3. Dalam 3 0ns salmon terdapata sekitar 1.800 mg omega-3. Ini juga mengandung vitamin D. Hal ini akan sangat berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, memperbaiki resistensi insulin, mengurangi peradangan, serta menurunkan berat badan.
  • Biji Rami , Biji ini banyak mengandung serat dan alpha-linolenic acid, yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi omega-3 EPA dan DHA. Banyak dari penelitian yang berhasil menemukan hubungan antara peningkatan asupan ALA dan penurunan resiko, serangan jantung, penyakit jantung, serta gangguan kardiovaskular yang lainnya. Biji ini juga dapat berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan kolestrol.
  • Kacang polong. Serat yang terkandung dalam kacang dapat membuat anda kenyang. Dan juga dapat  menstabilkan kadar gula darah, bahkan dapat menurunkan kolesterol. 1 cangkir kacang hitam ini mengandung 14 gram serat. kacang polong juga banyak mengandung kalsium dan mineral, hal ini terbukti dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh. kacang polong juga memiliki banyak kandungan protein yang bagus buat tubuh anda. Berbeda dengan protein hewani, kacang polong mengandung lemak jenuh yang rendah, karena lemak jenuh yang banyak dapat menimbulkan penyakit jantung.
  • Selai Kacang , makanan ini sangat bermanfaat bagi para penderita Diabetes. Karena didalamnya banyak mengandung serat. selai kacang juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu juga baik untuk jantung anda karena tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi. Perhatikan juga asupan makanan ini, karena makanan ini kaya akan kalori.
  • Susu, minuman yang satu ini  banyak mengandung kalsium dan vitamin D. Apabila anda mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan vitamin D sehari anda akan memiliki resiko 33 persen lebih rendah menderita diabetes dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi dua-duanya. Perhatikan juga pada saat mengkonsumsi susu, pilihlah yang rendah dan bebas dari lemak.
  • Tuna , ikan yang satu ini adalah merupakan ikan dari jenis ikan sehat yang banyak mengandung  asam lemak omega-3. Serta juga banyak mengandung vitamin D.
  • Cokelat Hitam, makanan ini mempunyai manfaat untuk memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat, serta juga dapat mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Karena makanan ini banyak mengandung antioksidan flavonoid.
  • Oats , merupakan makanan yang juga memiliki banyak serat. Makanan ini sangat bermanfaaat untuk menurunkan kadar kolesterol total danjuga  kolesterol jahat LDL, dan juga dapat membantu dalam memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam makanan ini juga berfungsi memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat.
  • Kenari , makanan ini banyak mengandung serat dan ALA. Anda juga perlu perhatikan  jumlah asupan makanan ini, apabila anda  sedang mempertahankan berat badan.
Baca Juga Yang satu ini ...
MAKANAN DIABETES MELLITUS

Semoga bermanfaat buat anda yang memiliki penyakit diabetes, semoga lekas sembuh.!!!

Kunjungi toko herbal online 24 jam klik www.sehatmilan.com

Baca artikel menarik lainnya : Menu Makanan diet kolesterol

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *