MAKANAN DIET PENGGANTI NASI

 

 

Nasi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi makanya tak jarang orang yang melakukan program diet menyingkirkan nasi dari daftar menu. Biasanya mereka hanya mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan padahal tubuh tetap membutuhkan asupan gizi yang seimbang termasuk karbohidrat. Untuk memenuhi asupan karbohidrat dalam tubuh, anda dapat menggantikan nasi dengan makanan lain yang juga mengandung karbohidrat.

  1. Kentang

Kentang yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk friench fries ini ternyata dapat digunakan sebagai makanan diet pengganti nasi. Pati yang terdapat di dalam kentang dapat membuat anda menjadi kenyang, namun pati ini tidak dapat dicerna maupun diserap sehingga hal ini memicu tubuh untuk membakar lemak dalam jumlah yang lebih banyak.Kandungan lemak yang terdapat di dalam kentang hanya 0,1/ gram sehingga tidak perlu khawatir dan kentang memiliki 83/ kalori disamping vitamin C dan B, kalsium, serat, zat besi, dan kalium yang dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh. Untuk diet, sebaiknya kentang diolah dengan dikukus atau dipanggang dengan kulitnya agar khasiat di dalam kentang tersebut tetap terpelihara.

makanan diet pengganti nasi

makanan diet pengganti nasi

  1. Jagung

Jagung yang dikenal sebagai sumber karbohidrat ini juga memiliki kandungan lemak yang sedikit yaitu 1,3/ gram sehingga anda tak perlu khawatir untuk menjadikannya sebagai makanan diet pengganti nasi . Jagung juga mengandung banyak serat sehingga cocok bagi anda yang sedang diet karena makanan anda akan dikeluarkan dalam bentuk feses sehingga tidak menjadi timbunan lemak di dalalm tubuh. Untuk menghindari kontaminasi pestisida sebaiknya pilihlah jagung organik.  Jagung selain mudah didapat, pengolahannya pun mudah karena dapat dicampur dengan salad maupun dibuat sup. Namun, sebaiknya kurangi mengkonsumsi jagung dalam bentuk pop corn goreng karena bisa-bisa dapat mengganggu program diet anda.

  1. Pasta
Baca Juga Yang satu ini ...
Cukupi lemak sehat kedalam makanan

Pasta memang belum familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Namun ternyata makanan Itali yang satu ini mampu menggantikan nasi.  Pasta bisa anda dapatkan di supermarket dalam bentuk spaghetti, lasagna, makaroni, maupun fettucini. Untuk menkonsumsi pasta secara sehat, anda dapat menggantikan saus yang biasa menyertainya dengan daging rendah lemak maupun sayuran seperti paprika dan brokoli.

  1. Roti

Kebanyakan orang mengkonsumsi roti dengan daging, keju, coklat, maupun selai. Bahkan ada juga yang menambahkan sayuran seperti selada dan tomat. Banyaknya varian rasa serta mudah dikonsumsi dan didapatkan membuat roti menjadi pilihan sebagai pengganti karbohidrat. Namun, sebaiknya hindari konsumsi roti dengan porsi yang banyak karena kandungan lemaknya 1,2/ gram . Itu baru rotinya saja, belum lagi kalau ada tambahan coklat, gula dan lainnya . Program diet anda bisa-bisa terancam gagal.

  1. Gandum

Banyak macam-macam makanan olahan gandum namun, yang paling banyak ditemukan adalah oat dan havermout. Bila dikonsumsi secara teratur, makanan ini dapat membantu penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh yang biasanya mengendap setelah anda mengkonsumsi makanan goreng.

Oat merupakan makanan yang tersedia dalam bentuk siap saji. Anda hanya perlu menambahkan air atau susu  dan buah-buahan sebagai pelengkap dan oat sudah dapat anda nikmati. Walaupun di Indonesia harga oat ini masih tergolong mahal namun, oat cepat memberikan rasa kenyang di dalam perut.

Itulah beberapa makanan diet pengganti nasi yang dapat anda coba. Selain makanan diatas tentu masih banyak lagi jenis makanan yang dapat anda coba sebagai pengganti nasi. Yang perlu diperhatikan dalam menurunkan berat badan adalah jumlah makanan yang anda konsumsi sehingga tidak berlebihan.

Kunjungi toko herbal online 24 jam klik www.sehatmilan.com

Baca Juga Yang satu ini ...
MAKANAN DIET SEHAT

Baca article menarik lainnya : Makanan diet sehat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *