Makanan Diet Yang Lezat

Sulap Makanan Diet Tetap Lezat
Ayoe Nova

Berlatar belakang sebagai atlet binaraga, istri dari Joshua Prawiro ini juga dikenal sebagai penyedia katering diet dan memitiki kafe menu diet di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pola makan sehat menjadi kunci utama untuk mendapatkan badan sehat dan bugar. “Melakukan diet bukan berarti mengurangi makan atau sama sekali tidak makan. Itu konsep yang salah,” tandas Ayoe saat ditemui di kafe diet miliknya.

Memulai karier sejak kapan?

Saya mengawali karier sebagai atlet binaraga, instruktur aerobik, trainer, dan banyak menangani klien untuk penurunan berat badan yang memang sadar sendiri atau dipaksa dokter. Sejak kecil saya sudah menggemari olahraga dan tari. Bahkan acara di teve yang saya tonton pasti acara olahraga. Bagi saya, musik dan tari itu menarik. Sebenarnya ingin mendalami kedua ilmu seni itu, tapi seperti biasa yang namanya orangtua, inginnya anak mereka meraih gelar sarjana secara formal.

Lalu, saya kuliah hukum sambil tetap mengajar senam. Malah saya pernah jadi asisten instruktur senam Berty Tilarso selama dua tahun dan asisten istruktur senam Fahmi Idris. Ternyata, arah hidup saya memang tertuju hanya ke olahraga, tapi bukan disengaja ingin jadi instruktur. Semuanya seru karena banyak manfaatnya, selain sehat buat diri sendiri juga buat orang lain.

Saya juga menekuni profesi binaraga karena belum banyak perempuan yang menekuninya. Bersama Ade Rai saya sering ikut kompetisi binaraga. Sebagai pembuktian diri, seharusnya saya memang jadi panutan sehingga badan saya berotot. Profesi sebagai personal trainer atau pelatih pribadi senam kebugaran untuk sejumlah klien juga sampai sekarang masih tetap saya jalankan.

Lantas, bagaimana sampai bisa punya katering diet?

Almarhum Papi meninggal di usia 46 tahun akibat serangan jantung. Serangan pertama dan kedua semula bisa beliau lewati. Tapi saat mendapat serangan ketiga, Papi tak bisa tertolong lagi. Penyebabnya karena pola makan Papi yang tidak benar. Sementara keluarga, kan, ketika itu tidak mengerti bagaimana pola makan yang baik. Seharusnya, kan, Papi makan makanan rendah garam, rendah lemak, dan pantang macam-macam.

Baca Juga Yang satu ini ...
solusi sembuh jantung koroner dengan detox

Makanya, saya ingin mendalami soal makanan sehat ini. Sudah empat tahun saya menerima katering diet, sementara kafe dietnya baru buka setahun. Saya belajar secara otodidak, dari banyak membaca buku soal kesehatan dan gizi, juga ikut kursus masak. Hingga akhirnya harus lebih serius mendalami ilmu ini. Kini saya sedang mendalami ilmu gizi di sebuah rumah sakit.

Apa yang harus dilakukan agar selalu sehat?

Sebenarnya kuncinya adalah menjalankan pola makan sehat. Banyak yang salah kaprah melakukan diet dengan mengartikannya dengan tidak makan. Kadang ada yang sengaja tak makan malam dengan alasan sedang diet. Diet bukan berarti tidak makan atau melaparkan diri. Justru seharusnya bisa makan 5-6 kali asal diatur pola makannya dengan baik, bergizi tinggi, karbohidaratnya baik, ada serat, mengandung protein hewani dan nabati. Diet adalah soal mengatur pola makan, bukan tidak makan atau pantang sesuatu.

Beberapa metode penurunan berat badan secara medis yang tak didukung pola makan sehat akan percuma. Entah itu dengan akupunktur, misoterapis. Apapun yang masuk ke dalam tubuh, sebenarnya itulah yang akan terbentuk di dalam tubuh kita. Untuk yang ingin menambah berat badan, makannya harus bertambah dan bertahap. Pola makannya harus lebih sering dan bergizi, mulai dari sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, makan malam, dan snack malam.

Lebih banyak wanita atau pria yang melakukan diet?

Konsumennya 80 persen wanita, sementara 20 persen pria. Mulai dari atlet binaraga, pasangan yang akan menikah, atau yang sudah dipaksa dokter dengan melihat kondisi kesehatannya. Dari hasil survei, wanita lebih perhatian pada kondi-si kesehatannya meski mereka juga lebih banyak yang merokok. Dalam mengatur pola makan, wanita lebih perhatian karena ingin memiliki bentuk badan yang bagus, misalnya tidak mau punya perut buncit.

Baca Juga Yang satu ini ...
FUN FACTS ABOUT ANTIOXIDANTS

Apa saja yang disajikan di kafe diet?

Tentu saja makanan yang rendah kalori, rendah lemak, tak ada yang digoreng, dan menggunakan beras merah. Banyak yang tak menyangka saat mengonsumsi katering diet saya, katanya rasanya enak. Rata-rata berkomentar, makanan di kafe diet bikin mereka akhirnya jadi mau berdiet. Pokoknya, agar orang mau makan di sini, ya, harus banyak memberi edukasi, lebih cerewet, dan terus menerus memperkenalkan manfaatnya.

Biasanya, sih, saya masak dulu untuk konsumsi pribadi. Rata-rata makanan sehat rasanya, kan, tidak enak. Jadi, siapa yang mau makan? Makanya, saya buat masakan yang rasanya hampir menyerupai makanan pada umumnya. Pesanan sudah merambah ke acara perkawinan, beberapa perusahaan, dan konsumsi rapat. Konsumen rata-rata bilang enak.

Apa menu andalannya?

Menu favorit atau andalan untuk diet kuliner ada bakso, siomay, mi ayam hijau rendah lemak dan kalori, es campur, kolak diet, lumpia sayur, lumpia panggang, egg kebab, dan martabak telur. Seperti bahan siomay, saya buat dari daging dada ayam tanpa kulit dan ikan tenggiri, tidak menggunakan minyak, bumbu kacangnya pun dipanggang. Sebisa mungkin ditekan nilai kalori dan lemaknya.

Beberapa bahan baku akhirnya juga memang harus diganti, dikurangi, atau tak dipakai sama sekali. Seperti daging sapi rendah lemak, tak pakai kuning telur, tidak digoreng tapi dipanggang, pakai dada ayam bukan paha yang tinggi ko-lesterolnya, dan tanpa kulit. Tak banyak penambahan tepung-tepungan agar tetap rendah kalori, rendah garam, dan tanpa bahan pengawet.

Untuk kateringnya, apa saja yang disajikan?

Kateringnya lebih ke pemberian nutrisi atau gizi seimbang. Artinya, dalam satu paket katering menunya sangat bergizi. Ada karbohidrat, hewani, nabati, sayuran. Minimal 100 gram untuk sekali makan. Nasinya pasti nasi merah karena seratnya tinggi. Kisaran harga untuk katering Rp 45-65 ribu, sementara untuk diet kuliner Rp 7-45 ribu.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jual proargi 9 smart detox di lombok

Bagaimana hasilnya?

Rata-rata yang sudah berlang-ganan katering diet ini berat badannya turun 5 kg. Setelah ikut katering diet, kepala tidak pusing atau badan tidak jadi lemas karena saya tidak mengurangi gizinya. Tapi yang dikurangi hanya kalori dan lemaknya. Satu gram lemak kandungan kalori 9 kkal, sementara 1 gram protein kandungan kalorinya 4 kali.

Anda sendiri menganut sis-tern diet seperti apa?

Saya menganut sistem 80-20. Sebanyak 80 persen yang dimakan dalam keseharian harus sehat. Dalam arti ada karbohidrat, protein nabati, sayur, serat, dan buah. Nah, yang 20 persennya untuk kuliner yang tinggi kalori. Saya masih boleh makan pizza atau mi instan, tapi tidak setiap hari. Misalnya saat diundang makan ke arisan atau pesta pernikahan, ya, tidak apa-apa.

Yang terjadi pada orang kebanyakan justru sebaliknya, saat datang ke pesta mereka lebih memilih makan sedikit. Makanya, orang-orang sering heran melihat saya yang justru makan banyak di suatu pesta yang menyuguhkan kambing guling hingga cheese cake. Mereka biasanya berkomentar, tidak takut gemuk atau kena kolesterol? Lho, justru itulah kehidupan saya yang 20 persen tadi, menikmati makanan yang tak sehat. Ha ha ha. Sehingga saya tetap bisa santai karena selebihnya saya sudah makan sehat.

 

KESIMPULAN
Sulap Makanan Diet Tetap Lezat dari Ayoe Nova,
bisa menambah masukan Para Wanita Untuk memasak makanan diet, Selamat mencoba …. 

 

SUMBER : NOVA TABLOID
ARTIKEL LAINNYA : Manfaat Kunyit

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *