manfaat bubur kacang hijau dan ketan hitam

Mana yang Lebih Bagus, Bubur Kacang Hijau atau Ketan Hitam ?

Ketika saya diundang untuk memberikan seminar di daerah atau di kota besar, saya suka menginap di hotel yang menyediakan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam sebagai menu alternatif sarapan. Kalau Anda mempunyai tempat yang menjual kedua kudapan tersebut dan Anda rasa enak, undang saya ke daerah Anda, saya pasti akan ke sana. Menjadi aneh ke-tika mencoba kedua bubur ini di daerah yang berbeda, bisa jadi karena ketan hi-tam yang berbeda karena tumbuh di daerah berbeda, bisa karena santan yang dituangkan berbeda (karena pohon kelapa memiliki aroma berbeda ketika ditanam di tempat yang berbeda), bisa juga karena dicampur rem-pah berbeda di propinsi yang beda, dan Iain-Iain.

Mengapa saya merekomendasikan kedua kudapan ini sebagai salah satu kudapan yang bisa Anda makan? Mari kita sama-sama mempelajarinya. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan. Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang pada tubuh. Selain itu, kacang hijau juga rendah lemak, yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau. Ada pun kandungan dalam bubur kacang hijau adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, dan sodium, serta beberapa vitamin.

Bagaimana dengan ketam hitam yang juga menjadi salah satu daftar kudapan dalam diet saya? Adapun kandungan gizinya adalah karbohidrat, protein, lemak, dan mineral, yaitu fosfor, kalium, kalsium, dan besi.

Kudapan ini dapat menemani Anda baik di pagi hari atau sebagai kudapan sehat menjelang sore.

Tips:

Wati-hati terhadap pendampingnya, santan…. karena selalu disajikan bersamaan dengan kedua bubur ini. baik bubur ketan hitam ataupun bubur kacang hijau. Dari daerah makasar sampai tanah jawa selalu kudapan ini disajikan santan. Jangan memakai santan banyak …secukupnya, ya kata secukupnya membuat Anda tidak kehilangan fungsi sehat dari kudapan ini.

Kesimpulan
Bubur Kacang hijau Maupun Bubur Ketan Hitam
sama-sama makanan yang baik dikonsumsi, asal dikonsumsi tidak bersamaan dengan santan.

manfaat bubur kacang hijau dan ketan hitam

manfaat bubur kacang hijau dan ketan hitam

 

manfaat bubur kacang hijau dan ketan hitam

manfaat bubur kacang hijau dan ketan hitam

 

Sumber : SEHAT TANPA REPOT
Artikel Lainnya : gatal yang tak kunjung sembuh