manfaat daging ikan bagi kesehatan

Memilih Ikan

1. Mata ikan segar terlihat terang, bening, menonjol, dan cembung. Sementara itu, mata ikan yang busuk redup, kelabu, dan tenggelam karena tertutup lendir.

2. Insang ikan segar berwarna merah sampai merah tua, terang/ cerah, tak berbau, dan tak ada off-odor. Ikan segar tidak akan mengandung bau-bau asing. Ikan yang busuk memiliki insang yang kotor, berwarna pucat dan gelap, keabu-abuan dan berlendir, serta berbau busuk.

3. Lendir ikan segar akan cemerlang, homogen, dan transparan. Lendir ikan yang busuk berubah warna menjadi kekuningan dengan bau tidak sedap. Selain itu, ikan busuk memiliki lendir yang mengering dan berwarna putih susu.

4. Warna kulit ikan yang segar cemerlang dan belum pudar. Sementara ikan yang busuk kulitnya berwarna pudar.

5. Sisik ikan segar melekat kuat, mengkilat dengan tanda-tanda/ warna khusus, tertutup lendir jernih; sisik masih utuh, belum banyak yang hilang. Sementara sisik ikan busuk banyak yang lepas, serta tanda-tanda warna khususnya pudar dan lama-lama menghilang.

6. Kondisi ikan segar terbebas dari parasit-parasit apa pun, tanpa luka-luka ataupun kerusakan pada badan ikan. Sementara pada ikan busuk terdapat banyak parasit, badannya banyak luka dan patah-patah.

Kesimpulan

Memilih Daging Ikan Untuk keperluan dikonsumsi tubuh harus sangat diperhatikan dalam pemilihannya dari berbagai perhatian.

manfaat daging ikan bagi kesehatan

manfaat daging ikan bagi kesehatan

Sumber : SEHAT ITU PILIHAN
Artikel Lainnya : Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *