Manfaat dan Bahaya Teh

Teh selain b isa bermanfaat tetapi juga bisa ada bahayanya . Berikut Manfaat dan bahaya teh :

Manfaat Teh :

1. Memperkuat gigi dan mencegah karies pada gigi .

Unsur fluoride (F ) yang cukup tinggi pada teh dapat membantu mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta meperkuat gigi

2. Mengurangi resiko keracunan makanan

Menurut penelitian Taiwan dan Jepang , unsur catechin ( salah satu unsur Polyphenols ) terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan .

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Dengan adanya vitamin C dan E , teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh

teh

4. Menyegarkan tubuh

Teh mengandung jenis kafein yang berbeda dengan kopi, sehingga teh dapat merangsang sistem saraf tubuh dan pengambilan oksigen ke dalam tubuh lebih lancar .

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Epigallocatechin dan epicatechin gallat yang merupakan varian dari catechin ternyata mampu bertindak sebagai inhibitor dari angiotensin transferase, yaitu enzm penyebab tekanan darah tinggi.

Lebih lanjut dapat pula disimpulkan bahwa catechin memiliki kemampuan untuk mencegah tekanan darah tinggi . mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan menangkal radikla bebas sehingga bisa memgurangi resiko terkena penyakit cardiovascular.

6. Menangkal kolesterol

Catechin ternyata juga telah terbukti dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses.

7. Mengoptimalkan metabolisme gula .

Mangan ( Mn) yang terkandung dalam teh bisa membantu penguraian gula menjadi energi . Dengan demikian , teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah

8. Mencegah pertumbuhan kanker.

Catechin dapat menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas .

Adapun teh ada bahayanya juga. jika minum terlalu banyak bisa menjadi bumerang bagi kesehatan seseorang

Bahaya Teh

Baca Juga Yang satu ini ...
Cara Mengatasi Ejakulasi Dini dalam Seminggu

1. Pasien yang fungsi ginjal tidak baik dan tak dapat menhan kencing .

Teh berfungsi melancarkan pembuangan air kemih, jadi banyak minum teh bisa mengganggu fungsi ginjal, sehingga dapat memberatkan penyakit pasien tersebut

2. Wanita Hamil

Wanita hamil membutuhkan gizi untuk menyuplai metabolisme tubuhnya dan juga janin dalam kandungannya . Kalau ia terlalu banyak minum teh , maka zat tanin atau samak dalam teh dapat bersenyawa dengan zat besiĀ  dalam makanan yang dikonsumsinya menjadi komponen yang tak dapat diserap tubuh .

ini selain dapat menyebabkan anemia dan kekurangan zat besi pada wanita hamil, juga menyebabkan janin kekurangan zat besi bawaan. Hal ini berbahaya karena bayi yang lahir bisa menderita anemia dan kekurangan zat besi .

3. Wanita yang sedang menyusui

Wanita yang sedang menyusui sebaiknya tidak minum teh kental. Hal ini karena salah satu racun dalam teh ( kafein) bisa mempengaruhi pengeluaran air susu, Sehingga ASI bisa berkurang .Jika kafein masuk kedalamtubuh bayi melalui air susu dapat menyebabkan usus bayi menjadi kejang, sehingga bayi bisa menangis tak henti – henti.

4. Orang yang sedang demam

5. Orang yang kurang darah .

Zat besi dalam makanan memasuki saluran pencernaan dalam bentuk feros hidrosida koloid. Zat besi dalam bentuk koloid ini tidak dapat diserap tubuh secara langsung . Ia harus melalui peran getah lambung barulah dapat diserap melalui tubuh. Asam tanat dalam teh sangat mudah bersenyawa dengan zat besi dan membentuk asam tanatĀ  feros larut ynag merintangi penyerapan zat besi.

Bila tubuh orang yang kurang darah kekurangan zat besi , hemoglobin sintetis dalam tubuh bisa berkurang, dan penyakitnya bisa bertambah parah .

Baca Juga Yang satu ini ...
Agen penjual proargi 9 smart detox di malang

Sumber : Sehat itu Pilihan : Yohanes sunardi

kunjungi artikel lainnya : diet baltic

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *