Manfaat Garam & Sodium

GARAM

Seberapa banyak Anda menggunakan garam dalam memasak makanan sehari-hari? Mungkin tidak terlalu banyak, hanya sejumput garam meja pada kentang panggang, orak arik telur, atau sayuran. Akan tetapi, sejumput garam itu dapat dengan cepat meninggikan kadar sodium atau natrium di tubuh hingga mencapai level yang tidak sehat. Perlu Anda ketahui, satu sendok teh garam meja memiliki 2.325 miligram (mg) sodium. Sementara Ihetary iiuiMinesJor Americans (2010) merekomendasikan konsumsi sodium harian untuk orang dewasa tak lebih dari 2.300 mg per hari. Bagi yang berusia di atas 50 tahun atau memiliki masalah tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit ginial kronis, takarannya lebih rendah lagi. yakni sekitar 1.500 mg.

Tiada kenyataannya, kita mendapat asupan garam tidak hanya dari makanan yang dimasak di rumah. Makanan olahan dan makanan siap saji yang sering kita beli sesungguhnya memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi. Sebagian besar masyarakat mengonsumsi garam 16—30 kali lipat lebih banyak daripada takaran yang seharusnya. Sebagian besar garam tersebut berasal dari makanan olahan, makanan siap saji. dan makanan dalam kemasan. Di banyak negara, garam sudah dideklarasikan sebagai pembunuh nomor 1. sehingga muncullah peringatan untuk mengurangi konsumsi garam. Konsumsi sodium terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, penyakit lantung. dan stroke.

Mesiu terdengar berbahasa, sesungguhnya tubuh memerlukan avupan sodium untuk keperluan berikut;

  1. membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh
  2. membantu mengirimkan impuls sarai mempengaruhi kontraksi dan relaksasi otot.

 

Ginjal adalah organ yang berperan dalam inenyeimbangkan jumlah sodium yang tersimpan di dalam tubuh jika kadar sodium di dalam tubuh tinggi, ginjal akan mengeluarkan kelebihannya lewat urine. Yang tadi mavilah adalah apabila ginjal tidak dapat menghilangkan

Alternatif  Sehat Pengganti Gula

Setelah mengetahui betapa buruknya etek konsumsi gula pulih terhadap kesehatan, wajar bila kini Amla enggan mengonsumsi pemanis ini lagi. Lalu. apakah itu berarti Anda tak dapat menikmati rasa nunis lagi selamanya? Tentu saja tidak. Sebab ada jenis pemanu lain yang lebih sehat dan dapat menggantikan peran gula dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

Selain itu. bagaimana pun fuga tubuh kita memerlukan gula sebagai salah satu sumber energi l’ntuk memenuhi kebutuhan ini. kita bua mendapatkan a supan gula antara lain dari buah segar (fruktosa) dan maltosa (madui. Selain itu bisa mga dan makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik (IG) rendah, sehingga pasokan energi ke tubuh lebih stabil dan kita tidak mudah lapar.

kms pemanis yang aman untuk dikonsumsi yaitu stevia Stevia rebaudiana. Tanaman itu berasal dari Amerika Selatan dan telah digunakan sebagan pemanis alami selama ratusan tahun. I»aun stevia 25 kali lipat lebih manis dibandingkan gula putih, tapi dengan kandungan kalori yang jauh lebih rendah. Keunggulan itu membuat banyak ahli kesehatan menyatakan konsumsi stevia sangatlah aman bagi para penderita diabetes.” ***

kelebihan sodium, membualnya mengendap di dalam darah. Karena sodium memiliki sifat menarik dan mengikat air di dalam tubuh, kondisi itu akan menyebabkan volume darah meningkat. Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah, yang kemudian meningkatkan tekanan di pembuluh darah (arteri).

Agar lebih jelas, ada baiknya Anda memahami dari mana sumber sodium yang dikonsumsi sehari-hari:

– Makanan olahan/diproses. Contohnya pizza, pasta, roti, keju, sup, makanan cepat saji, dan lain sebagainya.

– Sumber alami. Beberapa makanan alann yang mengandung sodium yaitu sayuran, produk olahan susu. daging, dan kerang.

– Bumbu masakan. Satu sendok makan kecap misalnya, mengandung sekitar l.000 mg sodium.

KESIMPULAN
Garam sangat penting kandungannya untuk sehatan tubuh kita, terlebih dari kandungan Sodiumnya. Maka itu Anda jangan sampai kekurangan Zat Sodium

SUMBER                                             : THE DETOX LIFESTYLE  “Natural Ways To Be Healthy

LIHAT ARTIKEL LAINNYA          : Panduan Nutrisi Yang Baik

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *